Menag Usulkan Otoritas Sertifikasi Halal Ditambah Selain MUI

Fachrul Razi
Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi. Foto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta– Menteri Agama Fachrul Razi mengusulkan penambahan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) dan otoritas yang menerbitkan fatwa halal selain Majelis Ulama Indonesia (MUI). Usulan itu disampaikan Menteri Fachrul kepada Wakil Presiden Ma’ruf Amien baru- baru ini.

Menurut Menteri Fachrul, penambahan kedua ketentuan itu untuk memudahkan dan mempercepat proses sertifikasi halal. Dia mengusulkan pemeriksa halal nantinya juga bisa dilakukan oleh lembaga negara/yayasan Islam berbadan hukum dan universitas yang memenuhi syarat.

Sementara, fatwa halal tetap dikeluarkan MUI dengan mengakomodasi keterlibatan lembaga fatwa ormas Islam yang berbadan hukum. “Bapak Wapres punya sikap yang sama terhadap ide-ide tersebut dan memberi arahan teknis pelaksanaannya untuk memecahkan hambatan-hambatan yang sebelumnya belum terpecahkan,” tutur Menag dalam rilisnya pada Jumat (14/8) malam.

Menurut Menag, Wapres Ma’ruf Amin mendukung langkah Menag dalam mempercepat proses sertifikasi halal. Dukungan dan arahan ini, kata Menag, disampaikan Wapres yang juga Ketua Umum (non-aktif) MUI saat menerima kunjungannya di Istana Wapres pada Rabu lalu.

Dalam pertemuan tersebut, Menag melaporkan sejumlah kendala yang disebut menghambat pengurusan sertifikasi halal dan langkah-langkah yang ditempuh Kementerian Agama dalam mempercepat prosesnya.

“Pada hari Rabu sore, saya menghadap Wapres RI yang juga Ketua Umum MUI, untuk melaporkan dan minta petunjuk tentang langkah-langkah percepatan proses Sertifikat Halal yang selama ini terasa mandek,” terang Menteri Fachrul.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here