Doa Rasulullah SAW Ketika Mengunjungi Orang yang Sakit

Ilustrasi orang sedang sakit. Foto: istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Siklus hidup manusia berganti-ganti, kadang diberi keluasan rejeki dan kadang dibelit kesusahan karena didera kekurangan atau kemiskinan. Semua datang silih berganti termasuk juga terkadang sehat dan juga ada kalanya sakit.

Terkait sakit, Rasulullah SAW memberikan tuntutan kepada umatnya untuk mengunjungi mereka dan mendoakannya. Apalagi, seorang Muslim memang sudah seharusnya menghibur dan mendoakan saudaranya yang sakit.

Dulu, Nabi Muhammad SAW seringkali menjenguk dan mendoakan sahabatnya yang sakit. Berikut beberapa lafadz doa yang dibaca Rasulullah SAW yang dirangkum dalam mutiara hadits.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبْ الْبَاسَ اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabbannaasi adzhibil ba’sa isyfihi wa antas syafi laa syifaa’a illa syifaauka syifaa’an laa yughadiru saqaman”

“Ya Allah Rabb manusia, dzat yang menghilangkan rasa sakit, sembuhkanlah sesungguhnya Engkau Dzat yang Maha menyembuhkan, tidak ada kesembuhan melainkan dari kesembuhan-Mu, yaitu kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit.” (HR. Bukhari)

Rasulullah SAW juga pernah mendoakan Aisyah saat istrinya sakit dengan lafaz berikut:

امْسَحْ الْبَاسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِكَ الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إِلَّا أَنْتَ

Amsihil ba’sa rabbannaasi biyadikas syifaa’u laa kaasyifa lahu illa anta

“Hilangkanlah rasa sakit wahai Rabb manusia, di tangan-Mu lah segala kesembuhan, dan tidak ada yang dapat menyingkap penyakit tersebut melainkan Engkau.” (HR. Buhari Muslim)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here