Lomba Baca Sirah “Semua Membacanya” Diikuti 9.964 Peserta Hingga Luar Negeri, Sukses Bangkitkan Literasi di Tengah Pandemi

Budayawan Emha Ainun Najib memberikan apresiasi dalam penutupan lomba membaca Sirah Nabawiyah yang digelar Majalah Mata Air, Ahad(1/11).

Indonesiainside.id, Jakarta – Minat baca masyarakat Indonesia di tengah pandemi dan segala keterbatasannya terbukti tinggi. Hal ini tampak dalam gelaran kegiatan membaca Sirah Nabawiyah yang digelar oleh Majalah Mata Air yang mampu menarik peserta mulai dari usia anak-anak hingga lanjut usia, aneka latar belakang pendidikan dan juga profesi.

Rangkaian lomba bertajuk “Semua Membacanya” yang dimulai dari 12 September sampai 25 Oktober yang disertai dengan 4 seminar, 4 kuis, 1 kali TryOut dan terakhir final test dilaksanakan pada Ahad, 25 Oktober 2020 diikuti total oleh 9.964 peserta dari berbagai latar belakang.

“Ini sangat menggembirakan untuk sebuah lomba membaca. Lomba ini mampu menyedot animo masyarakat hingga mengumpulkan lebih dari 9 ribu orang dari seluruh provinsi, bahkan juga dari luar negeri dengan usia remaja sampai orangtua. Dengan berbagai macam profesi juga dengan tingkat pendidikan dari SD sampai pascasarjana,” ujar Prof. Ganjar Kurnia, Ketua Senat Akademik Unpad dalam penutupan acara dan pengumuman pemenang yang digelar secara daring, Ahad (1/11).

Prof. Ganjar memberikan apresiasi positif atas kegiatan untuk meningkatkan budaya literasi melalui lomba membaca kehidupan Nabi Muhammad SAW dalam tema “Semua Membacanya” tersebut. Menurutnya, semua peserta bisa meneladani kehidupan nabi dengan mempelajari sirah dan mendapat pahala dengannya.

Tegar Rezavie Ramadhan Ketua Panitia Lomba Baca Buku “Semua Membacanya” menjelaskan dari total peserta sebanyak 9964, sekitar 6031 (61%) peserta adalah perempuan dan 3933 (39%) sisanya adalah
laki-laki.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here