Sholat Jumat Pertama Diadakan di Masjid Satu-satunya di Athena

Penampakan masjid pertama yang didanai negara pertama di Athena pada Jumat, 7 Juni 2019. (AP)

Indonesiainside.id,  Athena–Sholat Jumat pertama diadakan di satu-satunya masjid di Athena di tengah jarak sosial akibat pandemi virus Corona. Karena kendala birokrasi, masjid membutuhkan waktu 15 tahun untuk diresmikan.

Jemaat dibatasi hingga 12 orang – sembilan pria dan tiga wanita. Semuanya memakai topeng.  Khutbah Jum’at yang dibacakan dalam bahasa Yunani menekankan pentingnya masjid pada masa Nabi Muhammad, dengan mengatakan bahwa masjid juga berfungsi sebagai pusat komunitas.

Masjid tersebut membuka pintunya untuk jamaah pada hari Senin. Dengan ini, Athena akhirnya menghilangkan reputasinya yang terkenal sebagai satu-satunya ibu kota Uni Eropa tanpa masjid.

Imam pertama masjid adalah Zaki Mohammed, 49, warga negara Yunani asal Maroko. Keputusan untuk membangun masjid di Athena pertama kali dibuat pada tahun 2006, dengan anggaran € 887.000, tetapi hambatan birokrasi, protes oleh kelompok sayap kanan, dan tuntutan hukum menghentikan proses tersebut.

Hingga saat ini, setengah juta umat Muslim di kota itu harus pergi ke ruang bawah tanah yang kotor dan lokasi yang tidak sehat untuk bertemu dan melaksanakan shalat. (NE/AA)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here