Calhaj Asal Klaten Dipulangkan Karena Hamil

Haji
Ilustrasi. Foto: Istimewa

Oleh : Eko P 

Indonesiainside.id, Jakarta Calon haji asal Kabupaten Klaten yang tergabung kloter 10 Embarkasi Surakarta, Jawa Tengah, harus dipulangkan ke daerahnya karena dari hasil pemeriksaan kesehatan diketahui sedang hamil.

Juru bicara Humas Panitia Pengelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surakarta, Afief Mundzir, di asrama haji Donohudan Boyolali, Rabu, mengatakan calhaj yang diketahui hamil dari hasil pemeriksaan oleh tim dokter PPIH, yakni Suparmi Manto Mulyono (42) asal Klaten tergabung kloter 10.

“Calon haji ini diketahui berusia kehamilan sekitar 6 minggu, sehingga terpaksa harus dipulangkan, dan satu lainnya pendampingnya, atau suami, Riyadi Kasimin (42), akhir juga mundur atau batal berangkat,” katanya, Rabu (10/7).

Menurut Afief, calon haji yang hamil sesuai aturan memang tidak diizinkan untuk berangkat ibadah haji karena demi keselamatan kesehatan bayinya.

Jamaah yang batal berangkat karena hamil ini dapat diberangkatkan ke Tanah Suci pada tahun depan.

PPIH Embarkasi Surakarta kini sedang persiapan pemberangkatan rombongan calhaj Kloter 12 gabungan dari Kabupaten Boyolali dan Kota Surakarta. Jumlahnya 360 yang terdiri dari 149 calhaj asal Surakarta dan 206 dari Boyolali, ditambah lima petugas pendamping.

Afief mengatakan sudah ada dua jamaah asal Jateng yang meninggal dunia di Arab Saudi, yakni Damanhuri Mangun (73) warga Semenharjo RT 01 RW 05 Suruh Kalang Jaten Kabupaten Karanganyar.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here