Otoritas Saudi Bersihkan Masjid Haram dengan 54.000 Liter Desinfektan Sehari

Petugas membersihkan lantai Ka'bah (Alarabiya)

Indonesiainside.id, Makkah–Pihak berwenang Makkah menggunakan 54.000 liter cairan desinfektan setiap hari untuk membersihkan Dua Masjid Suci selama musim haji tahun ini. Hal ini dilakukan sebagai langkah pencegahan terhadap penyebaran epidemi Covi-19.

Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci,  Masjidil Haram dan Masjid Nabawi mengatakan, operasi itu melibatkan total 3.500 pekerja selama beberapa hari terakhir yang membersihkan bagian dalam dan luar masjid hingga 10 kali sehari. Jumlah jamaah untuk musim haji tahun ini telah dikurangi menjadi hanya 10.000 orang,  sejak pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

Lebih dari 3.500 pekerja menggunakan setidaknya 95 peralatan modern untuk melakukan proses pembersihan. “Presidensi menggunakan sekitar 2.400 liter pembersih setiap hari, termasuk 1.500 liter untuk bagian permukaan dan 900 liter untuk pembersihan manual,” menurut sebuah pernyataan dari pihak berwenang dikutip Alarabiya.net.

Saat ini jamaah haji di Arab Saudi melaksanakan ibadah lempar jamrah terakhir, yang dilakukan para jamaah dalam ibadah yang harus dilakukan setidaknya sekali dalam seumur hidup untuk Muslim yang mampu ini. Musim haji tahun ini dilaksanakan bersamaan dengan metode pencegahan Covid-19, termasuk mempraktikkan penjarakan sosial selama proses yang dilakukan untuk semua ritual ibadah haji. (NE)

 

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here