Indonesiainside.id
No Result
View All Result
  • Home
  • Populer
  • News
  • Ekonomi
  • Lifestyle
  • Olahraga
  • Risalah
  • Khazanah
  • Narasi
  • Home
  • Populer
  • News
  • Ekonomi
  • Lifestyle
  • Olahraga
  • Risalah
  • Khazanah
  • Narasi
Indonesiainside.id
Home Lifestyle

Pandemi Covid-19, Pelaku Usaha Fashion Muslim Beralih ke Penjualan di Website

Lia Amelia
Selasa, 02/03/2021 15:25
Foto: Antara

Foto: Antara

Bagikan di FacebookBagikan di Twitter

Indonesiainside.id, Jakarta – Saat ini, banyak pelaku usaha fashion muslim di Indonesia yang mengalihkan strategi penjualan dengan berfokus pada platform online menyusul tren berbelanja daring yang makin menguat di tengah pandemi. Sebagian pelaku fashion muslim bahkan semakin selektif dalam memilih saluran online. Founder & Creative Director Parte, Qonitah Al Jundiah, misalnya, mengaku lebih memilih website ketimbang marketplace yang menyediakan ruang visual terbatas dan terkesan ramai.

“Lewat SIRCLO Store, kami benar-benar bisa menyampaikan pesan kami secara lengkap dan jelas. Mulai dari tampilan, pemilihan jenis huruf, hingga foto dan bahasa di website, kami sesuaikan sedemikian rupa, sehingga pembeli yang berkunjung ke website memang karena mereka tertarik dengan produk kami–bukan karena mengejar diskon atau promo,” jelas Qonitah.

Menurut Qonitah, Parte merupakan brand yang sustainable dan ethical, dan dia merasa perlu menyampaikan value brand ini sambil mengedukasi pembeli.

Mega Iskanti, content creator sekaligus founder dan CEO merek fesyen muslim Iskanti, mengatakan bahwa ia awalnya hanya berjualan melalui media sosial. Namun, seiring berjalannya waktu, ia kesulitan mengelola pesanan yang membludak. Melalui website yang dibuatnya dengan SIRCLO Store, kini ia bisa meningkatkan automatisasi dan efisiensi waktu secara signifikan, sehingga operasional bisnisnya pun semakin rapi.

Baca Juga:

IMF Koreksi Pertumbuhan Ekonomi Global

Unpad Terima Hibah 30 Mesin PCR asal Korea Selatan

“Dengan adanya website, pembeli bisa berbelanja setiap waktu tanpa perlu dibantu oleh admin, sehingga proses transaksi menjadi lebih cepat dan mudah. Bagi pengelola toko online seperti saya, fitur-fitur yang ada di dashboard SIRCLO Store juga sangat membantu,” kata dia.

Ada fitur katalog produk yang sangat mudah untuk dikelola, fitur auto airway bill yang memudahkan pengiriman produk, data yang lengkap untuk membantu saya mengevaluasi loyalitas dan preferensi pembeli, sampai branding Iskanti yang pastinya menjadi lebih kuat dengan adanya website yang mencerminkan karakter brand.

Hal sama diungkapkan Mipah Putri Suharti, founder dari Lamia Activewear yang mulai berjualan sportswear untuk muslimah sejak tahun 2017. Sedari awal, Mipah mengaku memprioritaskan pengembangan jual-beli online karena amat sesuai dengan pola perilaku pembeli masa kini yang ingin berbelanja dengan efisiensi waktu maksimal.

“Kami sangat terbantu dengan adanya website, karena memudahkan tim kami untuk melihat laporan, status pesanan, dan menghubungkan kami dengan konsumen,” terangnya.

Melalui solusi SIRCLO Store, ketiga brand ini mampu menggunakan fitur pembayaran dan pembaruan stok secara real-time, sehingga pembeli bisa melakukan pemesanan kapan saja dan di mana saja, bahkan dari luar negeri.

Sebagai mitra dari para brand untuk berjualan online, SIRCLO berupaya memaksimalkan kehadiran mereka secara multichannel, yaitu dengan mengoperasikan berbagai kanal penjualan digital di saat yang sama, seperti website milik sendiri, penjualan via WhatsApp (yang memudahkan belanja dan sharing produk secara WOM), dan marketplace.

“Melihat tren positif dari industri busana muslim di Indonesia, kami bersemangat menghadirkan lebih banyak inovasi dan fitur canggih untuk membantu para mitra brand kami dalam menyambut Ramadan 2021,” kata Brian Marshal, founder dan CEO SIRCLO.

SIRCLO memiliki misi untuk menghadirkan layanan A-Z untuk berjualan online, tidak hanya dengan membangun website, namun juga verifikasi pembayaran, fitur pemasaran, hingga notifikasi pengiriman produk secara otomatis.

“Dengan begitu, para pemilik brand bisa menggunakan waktunya untuk perencanaan strategis dan inovasi bisnis mereka,” tambah Brian Marshal.

Potensi pertumbuhan di bidang busana muslim masih terbuka lebar, terutama karena konsumsi busana muslim secara global diperkirakan akan mencapai nilai 402 miliar dolar AS pada 2024.

Di Indonesia, lonjakan permintaan terhadap busana muslim terlihat signifikan pada momen Ramadhan dan Lebaran. Pada tahun 2019, misalnya, laporan Tokopedia dan iPrice menyebutkan bahwa produk kaftan mencatatkan pertumbuhan tujuh kali lipat dari periode yang sama di tahun sebelumnya. Pada tahun 2020, pencarian untuk kategori fesyen di Google mulai naik di minggu pertama Ramadhan dan mencapai puncaknya di pertengahan minggu ketiga.

Belanja online bukanlah tren sesaat yang akan memudar setelah pandemi berakhir. Hingga saat ini, 197 juta penduduk Indonesia sudah terhubung dengan internet dan 93 persen pengguna internet baru mengaku akan terus mengandalkan kemudahan bertransaksi online hingga jangka panjang. (ant/lia)

Tags: Pandemi Covid-19
Berita Sebelumnya

Ribuan Pelaku Usaha Jasa Pariwisata di Yogyakarta Jalani Vaksinasi Covid-19

Berita Selanjutnya

Warga Banyumas Hilang Saat Cari Kayu Bakar

Rekomendasi Berita

Hobi Kuliner, Puan Terkesan Makanan Nusantara dari Kantin Parlemen hingga Pempek Palembang
Headline

Hobi Kuliner, Puan Terkesan Makanan Nusantara dari Kantin Parlemen hingga Pempek Palembang

07/05/2022
8 Destinasi Pantai Unggulan Kota Pariaman Dipadati Pengunjung
Headline

8 Destinasi Pantai Unggulan Kota Pariaman Dipadati Pengunjung

06/05/2022
Kehangatan Presiden dan Cucunya di Halaman Istana Kepresidenan Yogyakarta
Headline

Kehangatan Presiden dan Cucunya di Halaman Istana Kepresidenan Yogyakarta

05/05/2022
Bekal makanan
Headline

Selalu Dinanti Puan, Ini Resep Rendang Ayam yang Dibuat Megawati Tiap Lebaran

04/05/2022
Jakarta Gelar Festival Beduk
Headline

Takbir Diiringi Musik Ganggu Kekhusyuan

02/05/2022
Jakarta Ramadhan Festival Akan Hadirkan Musium Diorama Sultan Ottoman, Tarian Sufi dan Pedang ala Turki
Headline

Jakarta Ramadhan Festival Akan Hadirkan Musium Diorama Sultan Ottoman, Tarian Sufi dan Pedang ala Turki

20/04/2022

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Panglima Kopatrev Pantang Mundur Hingga Ruhut Sitompul Diproses

Panglima Kopatrev Pantang Mundur Hingga Ruhut Sitompul Diproses

18/05/2022 15:31 WIB
Singapura Memusuhi Umat Islam Indonesia?

Singapura Memusuhi Umat Islam Indonesia?

18/05/2022 13:25 WIB
Tak Shalat Jumat Tiga Kali Apakah Kafir? Begini Penjelasan UAS

Negara Kecil Sombongnya Kelewatan

18/05/2022 11:52 WIB
Ketua MUI: Buzzer Hukumnya Sama Seperti Memakan Bangkai Saudaranya

Rais Syuriah PBNU Juga Pernah Diperlakukan Tidak Beradab di Singapura

18/05/2022 16:00 WIB

Risalah

Pengobatan ala Nabi Muhammad
Headline

Nur Muhammad Ada Sebelum Penciptaan Alam, Begini Pandangan Muhammadiyah

17/05/2022
Jadilah Imam atau Makmum yang Bijak, Jangan Suka Ngoceh apalagi Menyebar Fitnah!
Headline

Jadilah Imam atau Makmum yang Bijak, Jangan Suka Ngoceh apalagi Menyebar Fitnah!

11/05/2022
Puasa Mengajarkan Kita Beriman kepada yang Ghaib
Headline

Boleh Shalat Tahiyatul Masjid di Waktu Terlarang Menurut Imam Syafi’i

11/05/2022
Cantik dan Sucinya Para Bidadari Surga
Headline

Hati adalah Rumah Kebaikan, jika Ia Rusak Akan Membinasakan

07/05/2022

Berita Terkini

Adab Ziarah Kubur

Ekspor Nasional Didominasi Industri Pengolahan

Pembunuh Mantan PM India Rajiv Gandhi Dibebaskan

100 Ribu Lebih Orang Hilang atau Lenyap di Meksiko

Haedar ke Buton Resmikan Bangunan Megah UMB: Institusi Pendidikan Belum Terintegrasi antara Pemerintah dan Swasta

Embarkasi Jakarta-Pondok Gede Akan Berangkatkan 11.152 Jamaah dari 29 Kloter

  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Media Monitoring
  • Iklan
  • Kontak
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy
Indonesiainside.id

© 2022 MediatrustPR. All right reserved

No Result
View All Result
  • Home
  • News
    • Nasional
    • Politik
    • Hukum
    • Humaniora
    • Internasional
    • Nusantara
  • Ekonomi
  • Metropolitan
  • Lifestyle
  • Olahraga
  • Tekno
  • Risalah
  • Khazanah
  • Narasi
  • Jagad Unik
  • Serba-serbi
    • Foto
    • Pojok
    • Infografis
    • Videografis
  • Media Monitoring
  • Berita Populer
  • Indeks Berita
  • Download Apps

© 2022 MediatrustPR. All right reserved