Indonesiainside.id
No Result
View All Result
  • Home
  • Populer
  • Pemilu 2024
  • News
  • Ekonomi
  • Risalah
  • Narasi
  • Home
  • Populer
  • Pemilu 2024
  • News
  • Ekonomi
  • Risalah
  • Narasi
Indonesiainside.id
Home Lifestyle

Ini Cara Industri Kosmetik Bertahan di Tengah Pandemi

Saiful Hadi Oleh Saiful Hadi
Selasa, 16/03/2021 14:08
ilustrasi

ilustrasi

FacebookTwitterWhatsapp

Indonesiainside.id, Jakarta – Gesit dalam beradaptasi menjadi cara industri kosmetik dalam bertahan di tengah pandemi. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada triwulan I 2020, kinerja industri kimia, farmasi dan obat tradisional yang meliputi sektor kosmetik tumbuh hingga 5,59 persen.

Direktur Utama PT Martina Berto Tbk (MBTO) Bryan Tilaar mengatakan, perubahan gaya hidup dari masyarakat yang kini memprioritaskan kesehatan membuat perusahaannya juga segera beradaptasi. Bryan mengungkapkan, ada berbagai rencana yang disiapkan Martha Tilaar Group untuk melewati tahun 2021 yang masih serba tidak pasti akibat pandemi COVID-19.

“Di Martha Tilaar Group, kami banyak melakukan efisiensi, perbaikan-perbaikan cash flow, protokol kesehatan kuat, digitalisasi, perbaikan pembenahan supply chain, konsolidasi di dalam, perbesar contract manufacturing kita di non tata rias karena permintaan klien juga besar di non tata rias,” kata Bryan.

Dibandingkan produk tata rias, produk seperti perawatan kulit, tubuh, rambut serta produk sanitizer dan produk yang membantu peningkatan imunitas kesehatan lebih diminati saat ini. Maka perusahaan kosmetik itu juga beradaptasi menghadirkan produk yang meningkatkan imunitas pada akhir 2020, hingga produk yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari di tengah kenormalan baru seperti hand sanitizer.

Baca Juga:

Bupati Tangerang: Pentingnya Sanitasi Terbukti di Masa Pandemi Covid-19

Menag: Mulai Hari Ini Sertifikasi Halal Hukumnya Wajib

Menurut Paragon Group Head Consumer Market Insight, pandemi membuat kebiasaan masyarakat berubah yang mau tak mau juga mempengaruhi kondisi bisnis perusahaan kosmetik yang menaungi jenama seperti Wardah, Make Over, Emina dan Kahf.

Pada awal pandemi, ada penurunan penjualan yang langsung dihadapi dengan melakukan inovasi serta adaptasi sehingga penjualan semakin membaik. Menurut Paragon, tantangan yang dihadapi adalah perubahan kebiasaan konsumen yang turut mempengaruhi keputusan berbelanja kosmetik dan personal care.

“Dengan adanya berbagai perubahan ini, strategi Paragon adalah dengan selalu berusaha relevan dengan kebutuhan konsumen, sehingga dapat bertemu dengan konsumen dengan cara dan pada kanal yang tepat.”

Perusahaan tersebut meyakini konsumen juga sudah beralih ke arah daring sehingga strategi penjualan lewat kanal daring semakin gencar. Paragon mengatakan, tahun ini mereka akan berinovasi menciptakan produk-produk yang relevan terhadap kebutuhan konsumen.

“Masa pandemi tidak hanya membuat masyarakat menjadi lebih concern terhadap hygiene product tetapi juga pada produk-produk yang memberikan excitement dan refreshment kepada konsumen, seperti skincare dan personal care.”

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melansir industri kosmetik yang merupakan bagian dari industri bahan kimia dan barang dari kimia, tumbuh 4,67 persen pada 2020, dipicu meningkatnya produksi sabun, karena kebutuhan masyarakat untuk mencuci tangan naik di masa pandemi COVID-19.

“Mencuci tangan sebagai bagian dari protokol kesehatan yang harus dijalankan masyarakat di masa pandemi, memicu pertumbuhan industri kosmetik sebesar 4,67 persen, yang masuk dalam subsektor industri bahan kimia dan barang dari bahan kimia yang peningkatannya sendiri mencapai 10,2 persen,” kata Direktur Industri Kimia Hilir dan Farmasi Kemenperin Muhammad Taufiq.

Taufiq mengatakan, pertumbuhan industri kosmetik di masa pandemi juga dipengaruhi oleh kesigapan industri kosmetik dalam memanfaatkan peluang dengan menambah lini produk penyanitasi tangan sebagai salah satu penunjang pengurangan penyebaran COVID-19.

Digitalisasi
Minat konsumen terhadap produk-produk kecantikan dan perawatan kulit selama pandemi juga terlihat di e-commerce. AVP of Category Development for FMCG & Long Tail Categories Tokopedia, Jessica Stephanie Jap memaparkan, pada akhir 2020 tercatat peningkatan transaksi pada kategori Kecantikan mencapai hampir dua kali lipat. Sementara itu, transaksi pada kategori Health & Personal Care seperti sabun dan sampo naik hampir tiga kali lipat.

Bryan Tilaar mengatakan, belanja daring tumbuh luar biasa selama pandemi dan jelas sangat membantu penjualan. Martha Tilaar Group mencatat performa memuaskan untuk bisnis daring.

“Di tahun 2020, volume value growth-nya bertumbuh di atas 30 persen dibanding 2019,” ujar Bryan.

Di Paragon, bisnis e-commerce tahun 2020 juga disebut tumbuh secara impresif dengan omset keseluruhan brand lewat kanal e-commerce menyentuh tiga digit. Bisnis lewat kanal e-commerce, kata Paragon, berkontribusi besar terhadap total bisnis di perusahaan itu tahun lalu. Peningkatan bisnis secara daring adalah dampak dari pandemi yang membuat masyarakat berbelanja secara daring agar tidak usah bepergian ke luar rumah.

“Perubahan consumer behaviour ini mengakibatkan adanya pola-pola yang menunjukkan adanya channel shifting dari masyarakat dalam berbelanja kosmetik dan personal care.”

Untuk ke depannya, kedua perusahaan menyebut penjualan daring dan luring sama-sama penting. Bryan mencontohkan perusahaan Amazon Group yang bergerak dalam ritel digital sejak lama, tapi tetap membuka toko-toko buku fisik di kota besar di Amerika Serikat. Padahal, masyarakat di AS dinilai lebih maju soal digitalisasi.

“Saya lihat namanya manusia ya pada akhirnya akan mengalami kejenuhan secanggih apapun teknologi karena tidak mungkin kan selama 24 jam hanya duduk saja di depan semua peralatan elektronik canggih,” kata Bryan.

Sementara Paragon menyatakan penjualan di kanal luring juga menunjukkan pertumbuhan baik karena masih banyak konsumen yang memilih berbelanja langsung di minimarket hingga toko kosmetik.

Bergesernya cara belanja dari luring menjadi daring menciptakan tantangan tersendiri untuk konsumen. Saat berbelanja kosmetik, konsumen biasanya dapat memastikan kecocokan produk dengan mencobanya langsung lewat sampel yang tersedia di toko. Praktik itu kini tidak disarankan demi mengurangi risiko penularan virus corona.

Pegiat kecantikan Affi Assegaf menyarankan setiap individu untuk benar-benar mengenali kondisi kulit masing-masing sebelum membeli secara daring untuk memperkecil risiko produk tidak cocok.

“Tantangan sekarang itu bagaimana memilih tanpa mencoba langsung, juga bacalah ulasan-ulasan, meski tidak jamin 100 persen akurat itu sangat membantu,” saran Affi. (ant/msh)

Tags: KosmetikPandemi Covid-19
Previous Post

Banser, Pecalang, dan Nyepi

Next Post

Lewat Rumah BUMN, UMKM Diharapkan Siap Ekspor

Berita Terkait

Berkah Covid-19 bagi Pendakwah (I)
Headline

Ustaz Fadlan Ingatkan Kembali Spirit Dakwah di Malam Tazkiyatun Nafs AQL

29/09/2023
Kabupaten Tangerang Juara 1 Paritrana Award Jaminan Sosial Ketenagakerjaan
Headline

Kabupaten Tangerang Juara 1 Paritrana Award Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

27/09/2023
Hadiri Munas Dai Rantau Minang, Ini Pesan KH Bachtiar Nasir
Headline

Hadiri Munas Dai Rantau Minang, Ini Pesan KH Bachtiar Nasir

25/09/2023
Da’i Milenial Hidupkan Pembinaan Masyarakat di Cianjur
Headline

Da’i Milenial Hidupkan Pembinaan Masyarakat di Cianjur

22/09/2023
Jaringan Luas, LPPOM MUI Audit ke China Sejak Tahun 2000
Headline

Jaringan Luas, LPPOM MUI Audit ke China Sejak Tahun 2000

19/09/2023
MUI: Covid-19 Tidak Hentikan Sertifikasi Halal
Ekonomi

Upayakan Ketersediaan Bahan Baku Halal, LPPOM MUI Buka Kantor Perwakilan di China

19/09/2023

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini

Menaker: Pemerintah Lakukan Pembenahan Tata Kelola Penempatan Pekerja Migran dari Hulu ke Hilir

Menaker: Pemerintah Lakukan Pembenahan Tata Kelola Penempatan Pekerja Migran dari Hulu ke Hilir

Ekonomi
29/09/2023 19:17
Pakar UI: Whole Genome Sequencing Harus Dilakukan Untuk Lacak Mutasi Virus di Indonesia

Virus Nipah Masih Belum Terdekteksi di Indonesia, Pemerintah Diminta Tetap Siaga

Headline
29/09/2023 15:53
Seleksi PPPK Polri 2023, Formasi Ini yang Paling Banyak

Seleksi PPPK Polri 2023, Formasi Ini yang Paling Banyak

Humaniora
29/09/2023 15:21

Podcast

Jejak Langkah Bang Zaki Sulap Kabupaten Tangerang
Videografis

Jejak Langkah Bang Zaki Sulap Kabupaten Tangerang

21/09/2023 11:23

Siapa sangka, wilayah di pinggiran Jakarta ini kini mampu bersolek menjadi sebuah metropolitan. Di bawah kepemimpinan Bupati Ahmed Zaki Iskandar...

Berita Populer

ECHR Beri Pelajaran Keras Erdogan Soal Gulen

ECHR Beri Pelajaran Keras Erdogan Soal Gulen

Internasional
28/09/2023 18:18
Anies-Imin Rasakan Denyut Perubahan di Sulsel, 1 Juta Massa Berkumpul

Anies-Imin Rasakan Denyut Perubahan di Sulsel, 1 Juta Massa Berkumpul

Headline
24/09/2023 13:41
Satpol PP Kabupaten Tangerang Turunkan Ratusan Baliho Caleg dan Parpol

Satpol PP Kabupaten Tangerang Turunkan Ratusan Baliho Caleg dan Parpol

Headline
27/09/2023 21:23
China Kembali Bikin Ulah, Kawasan LCS Memanas

China Kembali Bikin Ulah, Kawasan LCS Memanas

Headline
26/09/2023 13:45

Ikuti Kami

  • Mengisi hari-hari dengan kegiatan dan bermanfaat untuk masyarakat adalah bagian dari melaksanakan pesan Nabi Muhammad Saw. Teruslah beribadah, teruslah berbuat baik, seperti Nabi.Selamat Maulid Nabi Muhammad 2023.#maulidnabi #maulidnabimuhammadsaw #nabimuhammad #rasulullah #indonesiainside
  • Selamat Hari Palang Merah Indonesia 2023! Terima kasih atas komitmen Anda dalam memberikan pertolongan dan harapan.Baca info menarik lainnya di www.indonesiainside.id#palangmerahindonesia #indonesiainside
  • Heningkan waktu sejenak untuk berterima kasih dan mendoakan para pahlawan yang telah berjasa bagi kemerdekaan. Selamat memperingati Hari Kemerdekaan RI!Baca info menarik lainnya di www.indonesiainside.id#17agustus1945 #indonesia #hutri78indonesia #dirgahayuindonesia
  • Selamat Hari Anak Nasional 2023. Pemimpin hebat berasal dari impian seorang anak. Ayo dukung setiap hak dan kebebasan anak untuk meraih cita-citanya!Baca info menarik lainnya di www.indonesiainside.id#harianak #harianaknasional #anakindonesia #indonesiainside
  • Selamat Tahun Baru 1445 Hijriah. Semoga kita menjadi umat yang mencintai kebaikan dan mensyukuri kenikmatan, dan selalu dilindungi Allah.Baca info menarik lainnya di www.indonesiainside.id#tahunbaru #tahunbaruislam #muharram #tahunbaruhijriah
  • Pada tanggal 15-16 Juli, akan terjadi fenomena di mana matahari akan berada tepat di atas Ka
Indonesiainside.id

  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Kontak
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy
No Result
View All Result
  • Home
  • Pemilu 2024
  • News
    • Nasional
    • Politik
    • Hukum
    • Humaniora
    • Internasional
    • Nusantara
  • Ekonomi
  • Metropolitan
  • Lifestyle
  • Olahraga
  • Tekno
  • Risalah
  • Khazanah
  • Narasi
  • Serba-serbi
    • Podcast
    • Foto
    • Infografis
    • Videografis
  • Media Monitoring
  • Berita Populer
  • Indeks Berita
  • Download Apps

© 2023 Indonesiainside.id. All right reserved