Sebelum Mudik, Pastikan Mobil Anda Siap dengan 6 Tips Ini

Cek kondisi mobil sebelum mudik. Foto: OtoRev

Oleh Andryanto S

Indonesiainside.id, Jakarta – Lebaran tinggal menunggu beberapa hari. Setiap umat muslim pasti gembira menyambutnya. Ada yang senang dengan baju baru, sepatu baru, handphone baru, hingga ada yang senang karena baru saja membeli mobil baru.

Momen Lebarang memang hanya datang sekali setahun. Hampir semua orang ingin bersilaturahmi dengan orang tua dan sanak saudara yang berada di kampung halaman. Banyak orang memilih mudik dengan transportasi umum, tapi tidak sedikit juga yang menggunakan mobil pribadi karena lebih nyaman dan juga bisa digunakan untuk berkunjung ke tempat wisata di sekitar kampung halaman.

Bagi anda yang memutuskan untuk menggunakan mobil pribadi, ikuti langkah-langkah berikut untuk memastikan mobil anda siap untuk perjalanan mudik anda.

Cek Catatan Servis Terakhir
Kapan terakhir mobil Anda diservis? Apakah kilometer mobil Anda sudah mendekati jadwal servis berikutnya? Jika ya, ada baiknya Anda membawa mobil untuk servis sebelum dipakai untuk mudik, agar kondisi mobil prima sebelum menempuh perjalanan jauh.

Cek Oli dan Cairan
Periksa kondisi dan volume oli mesin, transmisi, power steering dan coolant mesin dalam keadaan baik dan cukup untuk mencegah kerusakan dalam perjalanan. Pastikan juga Anda mengisi air wiper, karena kaca depan sering menjadi kotor ketika berpergian jauh. Baca buku manual mobil dan pastikan tidak ada komponen yang terlewatkan.

Cek Kondisi Ban
Pastikan tekanan angin semua ban mobil optimal sesuai dengan yang tertera pada buku manual. Cek kedalaman alur ban, jangan sampai anda berangkat dengan kondi ban “botak” yang beresiko tinggi menyebabkan kecelakaan. Periksa juga ban serep dalam keadaan prima dan siap digunakan.

Cek Kondisi Rem
Hal terakhir yang Anda inginkan adalah rem yang bermasalah pada saat berpergian jauh. Pastikan rem berfungsi normal dan tidak ada bunyi tidak wajar saat mengerem mobil Anda. Cek juga oli rem apakah masih dalam kondisi baik dan cukup.

Cek Lampu-lampu
Pastikan semua lampu mobil berfungsi normal, seperti lampu depan, lampu rem, hazard dan lampu sen. Jika ada yang tidak berfungsi, segera ganti bohlam yang sudah rusak. Cara mengganti bohlam pada umumnya cukup mudah dan dapat ditemukan di dalam buku manual mobil.

Kelengkapan Alat Darurat
Periksa kelengkapan alat-alat yang akan diperlukan saat keadaan darurat seperti: jumper cable, alat ganti ban, dan ban serep. Pastikan juga segitiga pengaman tersedia untuk keamanan anda saat mengganti ban darurat di pinggir jalan.

Demikian tips untuk memastikan mobil Anda siap untuk dipakai mudik. Selain mobil, Anda pun harus dalam kondisi prima agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Istirahat yang cukup untuk menjaga kondisi fisik selama mengemudi dan jangan memaksakan diri jika kurang fit atau mengantuk. Selamat mudik, semoga selamat sampai ke tujuan. (*/Dry)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here