Trik Memotong Kue Lebaran

Cara memotong kue. Foto: Cosmopolitan.com

Oleh: Anisa Tri Kusuma |

Supaya rapi dan tidak berantakan.

Indonesiainside.id, Jakarta — Ketika lebaran, tidak jarang kita mendapatkan hantaran kue dari sahabat, kolega, atau sanak saudara. Ketika akan memotong, lazimnya Anda akan membentuk potongan segitiga pada kue. Apakah Anda tahu bahwa sebenarnya cara memotong kue tersebut adalah salah? Lalu bagaimana cara memotong kue yang benar?

Hitung Jumlah Potongan Kue
Sebelum memulai memotong kue, hitung jumlah potongan kue yang Anda butuhkan. Kemudian beri garis tipis pada permukaan kue menggunakan pisau lalu potong mengikuti garis tersebut. Disarankan Anda menggunakan pisau yang panjang dan tipis, karena pisau ini lebih sesuai digunakan ketika Anda memotong kue dengan gerakan yang perlahan.

Potong Kue Menjadi Beberapa Bagian
Jika kue Anda berbentuk bulat, mulailah dengan memotong kue menjadi dua bagian. Satukan kembali kedua potongan tersebut, dan lakukan hal yang sama dengan arah potongan yang berlawanan. Satukan kembali bagian-bagian tersebut dan lakukan berulang hingga Anda mendapatkan jumlah potongan kue yang dibutuhkan.

Potong Kue Secara Horizontal atau Vertikal
Untuk kue dengan bentuk persegi atau persegi panjang, potong kue secara paralel dari sisi horizontal maupun vertikal. Pemotongan kue dengan bentuk ini memang jauh lebih mudah dibandingkan kue dengan bentuk bulat. Hanya saja Anda juga perlu membuat tanda garis tipis sebagai arahan Anda dalam memotong dan agar orang lain yang menginginkan memotong bagiannya sendiri tidak salah ketika memotongnya.

Sedangkan untuk jenis kue tertentu seperti cheesecake, rendam terlebih dahulu pisau yang akan Anda gunakan untuk memotong ke dalam air hangat, angkat dan lap dengan bersih, kemudian mulailah memotong. Hal ini dilakukan agar keju tidak menempel lengket pada pisau sehingga kue tampak berantakan. Dan jangan lupa untuk membuat gerakan seperti gergaji secara perlahan agar remahan kue tidak berjatuhan.

Tutorial memotong kue.

(*/Dry)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here