Tips Agar Badan Tidak Melar Pasca Lebaran & Libur Panjang

Cegah kenaikan berat badan pasca lebaran. Foto: ndtv

Oleh: Anisa Tri Kusuma |

Agar Lebaran tidak jadi Lebar-an.

Indonesiainside.id, Jakarta — Tak terasa, Ramadan telah usai dan umat muslim telah sampai di hari raya Idul Fitri. Biasanya, saat hari raya seperti sekarang, ada banyak camilan dan masakan lezat di rumah. Belum lagi, hari-hari ini merupakan liburan panjang yang memungkinkan kita semua memiliki banyak waktu santai di rumah. Tentunya, hal ini akan membuat kita lebih mudah menyantap berbagai macam camilan serta masakan.

Karena banyaknya makanan dan juga waktu santai, tidak jarang selepas moment lebaran, kita akan mengalami penambahan berat badan. Tak ayal, tubuh pun akan lebih melar dan gemuk dari biasanya. Untuk mengatasi ini, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan,agar badan tidak melar setelah lebaran dan libur panjang. Apa saja?

Olahraga
Selama lebaran dan libur panjang, pastikan untuk tetap melakukan olahraga rutin. Olahraga rutin bisa berupa olahraga ringan seperti lari atau jalan sehat. Lari minimal 10 menit setiap sore atau pagi, akan membantu Anda dapatkan tubuh bugar, sehat dan terhindar dari risiko kegemukan. Tapi ingat, olahraga yang bisa menjaga berat badan adalah olahraga yang membuat Anda mengeluarkan keringat.

Jangan Tidur Selepas Makan atau Ngemil
Usahakan untuk tidak tidur selepas makan atau ngemil. Selain sangat tidak baik buat kesehatan pencernaan dan tubuh, makan atau ngemil sesaat sebelum tidur akan membuat kamu lebih rentan mengalami penambahan berat badan alias kegemukan. Kalau memang ingin tidur selepas makan, usahakan tidur 2 sampai 3 jam setelah makan atau ngemil.

Hindari Makanan/Minuman Manis & Gurih
Meski ada banyak makanan dan minuman di meja ruang tamu saat lebaran seperti sekarang ini, pastikan untuk tidak sembarangan dalam memilih makanan dan minuman. Pastikan pula untuk tidak terlalu banyak konsumsi makanan serta minuman yang manis dan gurih. Makanan manis, mengandung banyak gula yang bisa membuat tubuh rentan mengalami kegemukan. Sementara makanan gurih, akan membuat Anda kesulitan menghentikan makan. Mengonsumsi kalori berlebih, akan membuat Anda mengalami kegemukan.

Makan & Minum Secukupnya Saja
Usahakan untuk makan dan minum secukupnya saja. Meski ada banyak makanan dan minuman yang lezat, usahakan untuk tidak tergoda makan dan minum dalam porsi yang banyak. Jika ingin memiliki tubuh yang bugar, pastikan bahwa Anda konsisten untuk melakukan diet dan menjaga berat badan kamu.

Konsumsi Makanan yang Rendah Lemak
Agar badan tak melar selepas lebaran dan libur panjang, usahakan untuk konsisten konsumsi makanan yang rendah lemak. Alangkah baiknya, jika Anda perbanyak konsumsi sayur dan buah yang kaya vitamin, namun tetap rendah lemak. Dan pastikan untuk mencukupi kebutuhan air putih dengan minum 8 gelas perhari.

Semoga, tips ini bermanfaat dan selamat berlibur! (*/Dry)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here