Bakar Kalori Setelah Lebaran dengan 6 Olahraga Ini

Bersepeda. Foto: Inghams.com

Oleh: Anisa Tri Kusuma |

Tetap bugar dan sehat setelah lebaran dengan olahraga berikut ini.

Indonesiainside.id, Jakarta — Hidangan Lebaran, identik dengan sesuatu yang penuh lemak dan tinggi kalori, seperti opor ayam, ketupat, daging sapi, minuman manis, dan lain-lain. Bisa jadi, berat badan Anda meningkat drastis setelah mengonsumsi kudapan ini selama dua hari berturut-turut.

Meski rasa malas kerap melanda, Anda harus sempatkan waktu untuk berolahraga. Jenis olahraga apa saja yang cocok untuk membakar kalori setelah Lebaran?

1. Lari

Lari dengan kecepatan 12 km per jam, akan cukup untuk membakar 1000 kalori per jam. Bila Anda mulai lelah, cobalah untuk berlari cepat pada interval 2 menit, dan berganti dengan 1 menit joging.

2. Berenang

View this post on Instagram

Старты от Олимпийской Чемпионки @sarahsjostrom 🏆 #swimming #плаваниедлядетей #swimming #swimmer #swimming #train #trainer #swim #trainer

A post shared by SWIMLIKE.COM 🏊🏼 ДЛЯ ПЛАВАНИЯ (@swimlike_com) on

Berenang adalah olahraga yang juga membakar banyak kalori. Pasalnya, seluruh anggota tubuh Anda bergerak ketika berenang. Rata-rata kalori yang terbakar per jam ketika berenang adalah 600 hingga 900 kalori, tergantung gayanya. Gaya yang paling banyak membakar kalori adalah gaya kupu-kupu, gaya punggung dan gaya dada.

3. Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga yang menyenangkan dan membakar banyak kalori. Jumlah kalori yang terbakar tergantung dari kecepatan Anda bersepeda. Ketika bersepeda dengan kecepatan 22 km per jam, Anda dapat membakar 500 hingga 700 kalori setiap jam. Semakin cepat mengayuh sepeda, maka kalori yang terbakar akan semakin banyak.

4. Boxing

Tinju atau boxing adalah olahraga yang intens. Membutuhkan gerakan konstan dan energi yang dikeluarkan pada lawan Anda. Tinju dapat membakar 550 hingga 800 kalori per jam dan efektif untuk menurunkan berat badan.

5. Lompat Tali

Jangan menganggap remeh olahraga lompat tali. Meski terlihat tidak membutuhkan usaha, lompat tali adalah olahraga dengan intensitas tinggi. Jumlah kalori yang terbakar dalam waktu 30 menit adalah 400 kalori. Namun, bila sulit untuk melakukan lompat tali dalam waktu yang lama, Anda dapat melakukannya secara interval dengan joging di tempat.

6. Olahraga Tim

View this post on Instagram

Ciao amici che amate allenarvi con noi!😀oggi abbiamo eseguito un circuito full body con pesi importanti composto da 4 esercizi a numero di ripetizioni fisso. Abbiamo poi intercalato questo lavoro con 2 superset per gli arti inferiori. Questo è il primo: box jump burpee 180° e un affondo saltato con switch e Kick. 30" 10 " rest (per 4 rounds). Provatelo! Buon lavoro! #fitnesslife #fitnessworkout #fitchallenge #fitnessgirl #fullbodyworkout #workoutfit #cardioworkout #gymmotivation #gymwork #athlonclubcagliari #workoutvideo #fitnessaddict #workoutroutine #matworkouts ##palestra #fitnessfriends #stepchallenge #stepworkout #boxjump#burpeechallenge #burpee180°#pushupchallenge #legs#legsworkout #leg

A post shared by Alessandra Costa (@alessandra.costa2.ac) on

Olahraga permainan tim seperti sepak bola, basket, tenis dan lain-lain juga membakar kalori secara efektif. Sepak bola, dapat membakar kalori hingga 1000 per jam, hal ini dikarenakan seringnya kegiatan berlari mengejar bola. Basket dan tenis misalnya, bisa membakar kalori hingga 700 per jam.

Aktivitas yang menggunakan lebih banyak otot dan melibatkan beban berat akan membakar kalori dalam jumlah besar. Semakin tinggi intensitasnya, semakin banyak pula lemak dalam tubuh Anda yang terbuang. Jangan biarkan lemak dalam tubuh Anda mengendap selama libur lebaran. Lakukan sederet olah raga di atas, demi tubuh yang tetap bugar dan siap kembali menjalankan aktifitas. (*/Dry)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here