Mengembalikan Fungsi Tubuh Dengan Stemcel

Sel Punca.(Foto: wikipedia.org)

Oleh: Anisa Tri K

Indonesiainside.id, Jakarta – Saat ini, perhatian dan penelitian dalam bidang sel punca (stem cells) mengalami kemajuan yang amat pesat. Para peneliti menggunakan sel punca untuk mengetahui dan mempelajari proses pertumbuhan dan perkembangan jaringan tubuh manusia serta patogenesis penyakit-penyakit yang diderita.

“Penggunaan sel punca ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit yang sudah tidak mungkin untuk diobati lagi baik secara konservatif maupun operatif khususnya penyakit degeneratif maupun kelainan lainnya,” ujar pakar stem cell, Dr. M. Syaifuddin, MARS, dari Klinik MMC Lamongan dalam diskusi media di Head Office Mediatrust PR, Jakarta Barat, pada Selasa (13/8).

Dan dalam bidang farmakologi para peneliti juga menggunakan sel punca untuk menguji obat-obat baru.

Sel adalah unit terkecil kehidupan, yang merupakan buliding block yang membentuk kesatuan dalam tubuh manusia. “Sel punca (stem cell) mempunyai kemampuan untuk mengganti sel yang rusak atau sakit,” kata Syaifudin.

Stemcel berfungsi untuk mengembalikan keremajaan sel. Regenerasi sel ini berfungsi untuk mengembalikan stamina dan peremajaan tubuh sehingga tampak awet muda, serta bisa untuk menyembuhkan penyakit.

Hampir semua penyakit bisa disembuhkan oleh sel punca. Diantaranya:
– diabetes
– osteoarthritis
– penyakit jantung koroner
– stroke
– autism
– parkinson’s
– leukimia
– talasemia

(PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here