Mengenal Rambut Cornrow, Gaya Rambut Terbaru Agnez Mo

Agnez Mo dengan agya rambut kepang Cornrow.
Agnez Mo dengan agya rambut kepang Cornrow. Foto: Istimewa

Oleh: Anisa Tri K

Indonesiainside.id, Jakarta – Tren gaya rambut kepang mulai merajai tren dunia. Kini, berbagai variasi model kepang semakin banyak dieksplorasi. Agnez Mo menjadi salah satu entertainer yang sering mengubah model rambut. Seperti baru-baru ini, Agnez memilih mode rambut cornrow. Tidak hanya rambut, Agnez juga mengubah warna kulitnya yang cerah menjadi kecokelatan atau tan.

View this post on Instagram

Accessories all day errday. . . #AGNEZMO

A post shared by AGNEZ MO (@agnezmo) on

Tampaknya perubahan tampilan Agnez Mo ini terkait dengan peluncuran rilis single terbarunya. Meski begitu, Agnez sempat dikritik oleh netizen lantaran penampilan barunya ini yang dianggap meniru budaya Afrika.

Sejarah Cornrow

History of Cornrow Braiding mencatat kepang cornrow adalah model kepang tertua di Afrika. Pertama kali ditemukan pada sebuah patung tanah liat yang dipahat pada zaman peradaban Nok di Negeria, sekitar 500 Sebelum Masehi. Setelah itu baru muncul beberapa variasi model kepang.

Pada zaman lampau, gaya rambut kepang di Afrika membawa berbagai makna. The Conversation menuliskan, perempuan yang berasal dari Madagaskar akan meminta tolong kepada saudaranya untuk mengepang rambut sebagai simbol kuatnya ikatan pernikahan dalam keluarga.

Disebutkan pula, perempuan dengan gaya kepang berniat menarik hati calon pasangannya. Kepang tersebut adalah tradisi yang diturunkan dalam keluarga. Seiring dengan perkembangan zaman, jenis kepang ini mulai menyebar ke berbagai daerah karena perpindahan orang-orang Afrika ke benua lain. Kini, model rambut kepang cornrow lebih identik dengan gaya hip-hop.

Saat ini, gaya kepang cornrow telah menjadi bagian dari budaya populer yang semakin digemari kalangan selebritas dunia. Mulai dari Kim Kardashian, Kendall dan Kylie Jenner, dan Cara Delevigne. (*/Dry)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here