5 Trik Redakan Emosi Anak, Jangan Kasi Handphone Ya Mom’s!

Oleh: Farida Noris

Indonesiainside.id, Jakarta – Di zaman kiwari, sebagian orang tua mungkin lebih memilih gawai untuk menenangkan anak yang sedang emosi.

Memang, menangani anak yang sedang rewel bukan perkara mudah bagi orang tua. Betapa tidak, luapan emosi anak kerap keluar secara berlebihan, mulai dari menangis kencang, melempar barang, hingga berguling-guling di lantai.

Kebanyakan orang tua mengambil jalan pintas untuk menanganinya, yakni memberi gadget. Tapi memberi mereka perangkat elektronik dengan tujuan agar emosi mereka reda, sama sekali bukan solusi bijak. Penggunaan medium hiburan seperti ponsel dapat membatasi kemampuan anak untuk mengekspresikan dan mengontrol emosinya.

Terlebih, anak berusia di bawah lima tahun diimbau untuk tidak terpapar layar ponsel selama lebih dari satu jam per hari. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga fungsi otak si buah hati.

Tenang, Anda tak perlu merasa bingung. Masih ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menangani anak yang mengamuk. Dilansir dari CNN, berikut trik ketika menghadapi anak yang sedang mengamuk.

1. Pahami perasaannya
Memberikan anak kesempatan untuk bicara adalah hal pertama yang dapat Anda lakukan. Biarkan anak mengekspresikan emosinya, dan coba lah untuk memahami situasi dari sudut pandang anak.

2. Bermain bersama
Daripada mengalihkan perhatian anak dengan memanfaatkan ponsel, coba lah untuk mengajaknya melakukan permainan yang disukai atau aktivitas lain yang menyenangkan.

Hal ini bisa meredakan amarah anak sekaligus semakin mendekatkan Anda dengan si kecil.

3. Berikan pujian
Alih-alih mengatakan kepada mereka bahwa mengamuk adalah hal yang salah, coba lah untuk menghargainya karena kemauan mereka untuk mengekspresikan emosinya. Setelah itu, Anda bisa berikan pengertian tentang bagaimana cara mengekspresikan emosi dengan lebih baik.

4. Menyanyi dan menari
Ponsel tak melulu jadi satu-satunya cara untuk menghibur anak yang mengamuk. Daripada ponsel, coba lah untuk memutar musik yang menyenangkan untuk dinyanyikan bersama dengan anak sambil menari.

5. Berikan pelukan
Pelukan bisa jadi salah satu cara mengatasi anak yang mengamuk. Pelukan dapat menenangkan dan membuat anak merasa lebih aman serta dipedulikan. Selain itu, pelukan juga terbukti mampu mengurangi rasa stres dan memperbaiki komunikasi. (FAR)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here