YouTuber Pewdiepie Dicekal Pemerintah China

Youtber Pewdiepie. Foto: Chocilino

Indonesiainside.id, Jakarta – Konten video Youtuber Pewdiepie, secara resmi telah dilarang di beberapa layanan online di Cina. Melansir Gemerent, Minggu (20/10) Pewdiepie mengklaim bahwa pemerintah China memblokir dirinya karena ada salah satu video miliknya yang mendukung protes pro-demokrasi Hong Kong dan ejekannya terhadap pemimpin Partai Komunis Tiongkok Xi Jinping.

“Saya tahu itu akan terjadi,” ujar Pewdiepie dalam video konfirmasinya, “Pewdiepie BANNED in China”
Ia menyesalkan bahwa penggemarnya di China tidak akan bisa menonton videonya lagi.

Video yang dikutip Pewdiepie sebagai alasan ia dilarang di Cina adalah video 16 Oktober “Hong Kong vs Joker Berakhir Fortnite [MEME REVIEW]”. Dalam video tersebut, Pewdiepie menguraikan situasi mengenai larangan Blizzard terhadap pemain Hearthstone Blitzchung atas pernyataan pro-Hong Kongnya. Dia juga berbicara tentang episode South Park yang mengkritik pemerintah Hong Kong. Pewdiepie juga bercanda tentang presiden Tiongkok Xi yang dibandingkan dengan Winnie the Pooh.

Tidak jarang bagi pemerintah Cina untuk menghukum mereka yang menyuarakan sentimen terhadap negeri tirai bambu itu. Terutama pada hal-hal yang bertentangan dengan nilai-nilai pemerintahnya. Dan kritik Pewdiepie dalam salah satu unggahan di kanal YouTube nya termasuk dalam spektrum itu. (*/Dry)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here