Penyintas Kanker Akui Obat Trastuzumab Bantu Hidup Lebih Lama

Lestari Moerdijat
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat. Foto: Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – HER-2 Positif menjadi salah satu jenis kanker payudara yang memiliki angka 20% dari total kasus kanker payudara. Kanker ini memiliki karakteristik pertumbuhan dan penyebaran sel yang lebih agresif.

Meskipun demikian, pengobatan untuk sel kanker HER-2 Positif ini juga memiliki rangkaian pengobatan yang lengkap, sehingga memberikan peluang hidup berkualitas lebih lama, hingga kesembuhan. Terlebih jika pengobatan diberikan sejak stadium dini.

Seperti yang dakui oleh Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat yang juga seorang penyintas kanker

“Saya merasa beruntung karena dokter menyarankan untuk memberikan obat trastuzumab saat pertama kali terdeteksi kanker HER2- Positif. Trastuzumab diberikan sebanyak 18 kali dalam jangka waktu satu tahun,” ujar Lestari saat ditemui dalam acara CISC for HER-2 di Jakarta, Selasa (29/10).

Mengingat kanker jenis HER2- Positif merupakan salah satu jenis kanker yang ganas, jika tidak ditangani dengan segera, penderita ‘diprediksi’ hanya memiliki jangka waktu hidup 5 tahun.

Dengan pemberian obat Trastuzumab, mampu memberikan harapan hidup yang lebih panjang. Lestari menambahkan, jika masih banyak alternatif lain yang bisa membantu untuk mendapat umur lebih panjang bagi penyintas kanker HER-2 Positif. (PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here