Jangan Tertipu! Suplemen Ini Tidak untuk Menurunkan Berat Badan

Fresh raspberries and a jar of raspberry jam.

Indonesiainside.id, Jakarta – Ketika Anda mengetik ‘penurun berat badan’ di mesin pencari Google, Anda akan dihadapkan pada tantangan untuk mengecek fakta dari fiksi kebenarannya.

Dari sekian banyak suplemen yang mengklaim bisa menurunkan berat badan, kelima suplemen ini menjadj pencarian paling teratas dalam mempercepat penurunan berat badan. Apakah benar demikian? Mari kita lihat cek kebenarannya seperti yang dikemukakan oleh Clare Collins , Profesor Nutrisi dan Diet, University of Newcastle, dalam Science alerts.com, Senin (9/12).

Keton Raspberry

Keton raspberry, yang dijual dalam bentuk tablet penurun berat badan, adalah bahan kimia yang ditemukan dalam raspberry merah yang bertanggung jawab atas aroma dan aroma raspberry yang berbeda. Anda juga bisa membuat keton raspberry di laboratorium.

Dalam sebuah penelitian, 70 orang dewasa dengan obesitas menggunakan program diet dan olahraga penurunan berat badan, dan secara acak mengambil suplemen yang mengandung keton raspberry, atau suplemen lain seperti kafein atau bawang putih, atau plasebo.

Hanya 45 peserta yang menyelesaikan studi. 27 yang mengonsumsi suplemen kehilangan sekitar 1,9 kilogram, dibandingkan dengan 400 gram pada 18 dalam kelompok plasebo. Angka drop-out sangat tinggi sehingga hasil ini perlu ditafsirkan dengan sangat hati-hati. Sebuah studi percontohan kecil dari lima orang dewasa tidak menemukan efek pada berat badan ketika peserta diminta untuk mempertahankan pola makan dan olahraga mereka saat ini dan hanya mengonsumsi suplemen 200 miligram/hari keton raspberry.

Kekhawatiran telah dikemukakan tentang efek toksik potensial dari keton raspberry pada jantung dan untuk reproduksi.

Kesimpulan: Fiksi! Tinggalkan suplemen keton raspberry. Belanjakan uang Anda untuk makanan yang mengandung buah beri segar, buah kiwi, persik, anggur, atau apel.

Matcha Bubuk

Matcha adalah teh hijau yang terbuat dari daun Camellia sinensis , atau tanaman teh, tetapi diproses menjadi bubuk hijau dan dapat dicampur menjadi cairan atau makanan.

Sebelum daun dipanen, tanaman teh diletakkan di tempat teduh selama beberapa minggu, yang meningkatkan kandungan theanine dan kafein.

Belum ada penelitian yang menguji efek matcha terhadap penurunan berat badan. Sebuah tinjauan dari enam studi menggunakan persiapan teh hijau untuk menurunkan berat badan selama 12 minggu menemukan perbedaan berdasarkan negara. Dalam studi yang dilakukan di luar Jepang, orang yang mengonsumsi teh hijau tidak kehilangan lebih banyak berat badan.

Dalam delapan penelitian yang dilakukan di Jepang, penurunan berat badan rata-rata berkisar dari 200 gram hingga 3,5 kilogram untuk persiapan teh hijau.

Kesimpulan: Fiksi! Saat ini tidak ada penelitian yang menguji apakah teh matcha mempercepat penurunan berat badan.

Suplemen Garcinia Cambogia

Garcinia cambogia adalah buah tropis yang mengandung sejumlah besar Hydroxycitric Acid (HCA), yang diklaim dapat membantu penurunan berat badan.

Dalam penelitian pada hewan , HCA mengganggu produksi asam lemak biasa. Jika ini ditransfer ke manusia secara teoritis bisa membuat lebih sulit untuk memetabolisme lemak dan mempercepat penurunan berat badan. Studi penelitian pada manusia menunjukkan ini tidak terjadi.

Sementara satu percobaan 12 minggu pada wanita yang kelebihan berat badan mengacak mereka untuk diet rendah kilojoule, dengan atau tanpa HCA dan menemukan bahwa kelompok HCA kehilangan berat badan secara signifikan lebih banyak (3,7 dibandingkan dengan 2,4 kilogram untuk plasebo), dua percobaan lain tidak menemukan perbedaan dalam penurunan berat badan.

Sebuah percobaan 12 minggu di 135 pria dan wanita tidak menemukan perbedaan dalam penurunan berat badan antara kelompok HCA (3,2 kilogram) dan kelompok plasebo (4,1 kilogram).

Sebuah percobaan sepuluh minggu di 86 pria dan wanita yang kelebihan berat badan dan diacak untuk mengambil baik cambogia Garcinia ekstrak atau plasebo, tetapi tidak juga menjalani diet penurunan berat badan, ditemukan penurunan berat badan minimal 650 gram vs 680 gram, dengan tidak ada perbedaan antar kelompok.

Kesimpulan: Fiksi! Garcinia cambogia tidak mempercepat penurunan berat badan.

Suplemen Kafein

Kafein diklaim meningkatkan laju metabolisme Anda sehingga bisa mempercepat penurunan berat badan.

Studi penelitian pada sukarelawan dengan berat badan yang sehat menemukan peningkatan laju metabolisme, tetapi itu tergantung pada dosisnya. Semakin banyak suplemen kafein yang dikonsumsi, semakin tinggi tingkat metabolisme .

Dosis kafein terendah 100 miligram, jumlah dalam satu kopi instan, meningkatkan laju metabolisme rata-rata sembilan kalori per jam, sedangkan dosis 400 miligram, yang kira-kira setara dengan kafein yang ditemukan dalam dua hingga tiga cangkir kopi buatan barista , meningkatkan laju metabolisme sekitar 34 kalori per jam selama tiga jam.

Ketika orang dewasa dengan obesitas diberi suplemen kafein dengan dosis 8 miligram per kilogram berat badan, terjadi peningkatan laju metabolisme sekitar 16 persen hingga tiga jam.

Dalam sebuah studi di mana orang dewasa dengan obesitas diminta untuk mengikuti diet penurunan berat badan, kemudian secara acak menerima 200 miligram suplemen kafein tiga kali sehari selama 24 minggu atau suplemen plasebo , tidak ada perbedaan dalam perubahan berat badan antara kelompok.

Selama delapan minggu pertama, kelompok yang mengonsumsi suplemen kafein mengalami efek samping insomnia, tremor, dan pusing.

Kesimpulan: Fiksi! Sementara kafein memang mempercepat laju metabolisme tubuh dalam jangka pendek, kafein tidak mempercepat penurunan berat badan.

Air Alkali

Produk alkalising dipromosikan secara luas. Ini termasuk air alkali, bubuk alkali dan diet alkali. Anda seharusnya mengukur keasaman urin dan / atau air liur Anda untuk “menilai” tingkat keasaman tubuh. Urin biasanya memiliki pH sedikit asam (rata-rata sekitar pH6) – sayuran dan buah membuatnya lebih basa, sementara makan daging membuatnya kurang begitu.

Saliva manusia memiliki pH netral 7. Diet alkali merekomendasikan Anda memodifikasi apa yang Anda makan berdasarkan pH urin atau saliva Anda, mengklaim pH yang lebih basa membantu pencernaan, penurunan berat badan, dan kesejahteraan.
Tetapi perut Anda sangat asam pada pH kurang dari 3,5, dengan asam ini membantu memecah makanan. Kemudian bergerak ke usus kecil untuk pencernaan dan penyerapan di mana pH meningkat menjadi 4,5 – 5.0, yang masih bersifat asam.

Tubuh Anda memiliki mekanisme keseimbangan pH yang dikontrol dengan baik untuk memastikan pH darah Anda tetap antara 7,35 – 7,45 . Jika tidak, Anda akan mati.

Sisi positifnya, diet alkali mendorong pola makan yang lebih sehat dengan mempromosikan makanan nabati seperti buah dan sayuran.

Ada beberapa bukti asupan makanan yang berasal dari hewan yang lebih rendah yang berkontribusi terhadap beban asam terkait dengan kesehatan jangka panjang yang lebih baik .

Kesimpulan: Fiksi! Tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung air alkali atau bubuk mempercepat penurunan berat badan. (PS)

 

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here