18 Daftar Makanan yang Membuat Kecanduan

- Advertisement -

Indonesiainside.id, Jakarta – Sebagian dari Anda, mungkin memiliki kecanduan makanan atau menunjukkan perilaku makan yang membuat kecanduan. Jumlah ini bahkan lebih tinggi di antara orang dengan obesitas.

Tahukah Anda, jika kecanduan makanan sama seperti seseorang dengan gangguan penggunaan narkoba, yakni menunjukkan kecanduan pada suatu zat tertentu. Dengan kata lain, orang yang memiliki kecanduan makanan melaporkan bahwa mereka tidak dapat mengendalikan konsumsi makanan tertentu.

Namun, orang tidak hanya menjadi kecanduan makanan apa pun. Beberapa makanan lebih cenderung menyebabkan gejala kecanduan daripada yang lain.

- Advertisement -

Para peneliti di University of Michigan mempelajari kecanduan pada 518 orang. Mereka menggunakan Skala Kecanduan Makanan Yale (YFAS) sebagai referensi. Ini adalah alat yang paling umum digunakan untuk menilai kecanduan makanan.

Semua peserta menerima daftar 35 makanan, baik olahan maupun tidak.
Mereka menilai seberapa besar kemungkinan mereka mengalami masalah dengan masing-masing dari 35 makanan, pada skala 1 (sama sekali tidak membuat ketagihan) hingga 7 (sangat adiktif).

Dalam studi ini, 7-10% peserta didiagnosis dengan kecanduan makanan lengkap. Selain itu, 92% peserta menunjukkan perilaku makan yang membuat kecanduan terhadap beberapa makanan. Mereka berulang kali memiliki keinginan untuk berhenti memakannya, tetapi tidak mampu melakukannya. Berikut, hasil l rincian makanan mana yang paling membuat ketagihan, seperti dilansir Eco Watch, Selasa (10/12).

18 Makanan Yang Paling Adiktif
Sebagian besar makanan yang dianggap adiktif adalah makanan olahan, yakni makanan yang tinggi gula atau lemak, atau keduanya.

Jumlah yang mengikuti setiap makanan adalah skor rata-rata yang diberikan dalam penelitian yang disebutkan di atas, pada skala 1 (sama sekali tidak membuat ketagihan) hingga 7 (sangat membuat ketagihan).
Berikut daftarnya.

1. Pizza (4.01)
2. Coklat (3,73)
3. Keripik (3,73)
4. Cookie (3,71)
5. Es krim (3.68)
6. Kentang goreng (3,60)
7. Burger keju (3.51)
8. Soda (bukan diet) (3.29)
9. Kue (3.26)
10. Keju (3,22)
11. Bacon (3.03)
12. Ayam goreng (2,97)
13. Kue dadar (polos) (2.73)
14. Popcorn (mentega) (2.64)
15. Sereal sarapan (2.59)
16. Permen (2,57)
17. Steak (2.54)
18. Kue muffin (2,50)

Sedangkan makanan yang paling tidak membuat kecanduan, adalah makanan alami yang tidak diproses.

1. Mentimun (1,53)
2. Wortel (1,60)
3. Kacang (tanpa saus) (1,63)
4. Apel (1,66)
5. Beras merah (1,74)
6. Brokoli (1.74)
7. Pisang (1.77)
8. Salmon (1,84)
9. Jagung (tanpa mentega atau garam) (1,87)
10. Stroberi (1.88)
11. Granola bar (1.93)
12. Air (1.94)
13. Kerupuk (biasa) (2.07)
14. Pretzel (2.13)
15. Dada ayam (2.16)
16. Telur (2,18)
17. Kacang-kacangan (2,47)

*Faktor seseorang kecanduan junk food?_

Ada alasan biokimia mengapa beberapa orang kehilangan kendali atas konsumsi mereka. Perilaku ini telah berulang kali dikaitkan dengan makanan olahan, terutama yang tinggi gula dan / atau lemak tambahan.

Makanan olahan biasanya direkayasa menjadi hiper-enak sehingga mereka rasa benar-benar baik.

Mereka juga mengandung jumlah kalori yang tinggi dan menyebabkan ketidakseimbangan gula darah yang signifikan. Ini adalah faktor-faktor yang diketahui yang dapat menyebabkan mengidam makanan .

Namun, penyumbang terbesar perilaku makan yang membuat kecanduan adalah otak manusia. Otak Anda memiliki pusat hadiah yang mengeluarkan dopamin dan bahan kimia lain yang terasa enak saat Anda makan.

Pusat hadiah ini menjelaskan mengapa banyak orang menikmati makan. Ini memastikan bahwa makanan yang cukup dimakan untuk mendapatkan semua energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Mengkonsumsi junk food olahan melepaskan sejumlah besar bahan kimia yang terasa enak, dibandingkan dengan makanan yang tidak diproses. Sensasi alami inilah yang menghasilkan hadiah yang jauh lebih kuat di otak.

Otak kemudian mencari imbalan lebih banyak dengan menyebabkan mengidam untuk makanan yang sangat memuaskan ini. Hal ini dapat menyebabkan lingkaran setan yang disebut perilaku makan seperti kecanduan atau kecanduan makanan.

Makanan olahan dapat menyebabkan ketidakseimbangan dan mengidam gula darah. Mengonsumsi junk food juga membuat otak melepaskan zat kimia yang terasa enak, yang bisa memicu keinginan mengidam lebih banyak lagi. (PS)

Berita terkini

Nasihat untuk Para Wartawan Muslim

Seorang wartawan bertanya kepada ustadz tentang hukum profesi yang digelutinya. Bolehkah bekerja menjadi wartawan dalam Islam? Demikian inti pertanyaannya yang ditujukan kepada Ustadz Ammi Nur...
- Advertisement -
ads1 mekarsari

Gubernur Gorontalo Larang Warga Tinggal di Rumah akibat Banjir Bandang

Indonesiainside.id, Gorontalo - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie melarang warganya tinggal di rumah akibat banjir bandang yang melanda pada Jumat malam (3/7). “Sekarang yang kita lakukan...

12 Calon Pengantin di Nunukan Terdeteksi Positif Narkoba

Indonesiainside.id, Nunukan - Sebanyak 12 calon pengantin terdeteksi positif menggunakan narkoba setelah dilakukan tes urine oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, sepanjang...

Menteri Luar Negeri Pakistan Positif Covid-19

Indonesiainside.id, Islamabad-- Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi hari Jumat (3/7) dinyatakan positif virus corona baru. Menulis di akun twitter, Shah Mahmood mengabarkan...

Berita terkait

Hotel Emas Pertama di Dunia Dibuka di Vietnam

Indonesiainside.id, Jakarta—Hotel berlapis emas pertama di dunia dibuka di Vietam. Hotel Dolce Hanoi Golden Lake,  mencakup 25 lantai dan menampilkan desain berbasis emas mulai...

Ini Waktu yang Pas Bagi Anak Berjemur di Pagi Hari

Indonesiainside.id, Jakarta--Dokter anak sekaligus anggota IDAI Jaya, Margareta Komalasari menyarankan anak-anak bisa berjemur di bawah sinar matahari langsung sebelum jam 9 pagi. "Perlindungan anak dari...

Koreografer Legendaris Bollywood Saroj Khan Meninggal Dunia

Indonesiainside.id, New Delhi--Dunia hiburan Bollywood dikejutkan oleh berita kematian koreografer terkenal India Saroj Khan. Saroj Khan  dilaporkan tewas karena serangan jantung hari Jumat (3/7)...

Sketsa Wajah Kekasih Pablo Picasso Dilelang Rp108 Miliar

Indonesiainside.id, Jakarta--Sketsa wajah kekasih pelukis Pablo Picasso, Marie-Thérèse Walter, yang tidak pernah dilihat oleh publik sebelumnya akan dilelang untuk pertama kalinya di rumah lelang...

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here