Tips Membersihkan Rumah Pascabanjir

Ilustrasi membersihkan rumah pascabanjir. Foto: hindustantimes

Indonesiainside.id, Jakarta – Pasca banjir, pembersihan menjadi salah satu proses yang cukup panjang dan melelahkan. Bahkan, terkadang beberapa barang tidak bisa Anda selamatkan karena terendam air dan terseret arus banjir. Berikut adalah teknik pembersihan banjir untuk sanitasi dan pembersihan barang-barang yang terkena dampak banjir:

Hubungi agen asuransi Anda
Jika asuransi Anda bersedia menanggung kerusakan, agen akan memberi tahu Anda kapan adjuster akan menghubungi Anda. Buat daftar kerusakan dan ambil foto atau rekaman video saat Anda membersihkan. Anda akan membutuhkan catatan lengkap untuk klaim asuransi, aplikasi untuk bantuan bencana dan pengurangan pajak penghasilan.

Membersihkan lumpur

Air banjir meninggalkan lumpur yang cukup merepotkan saat dibersihkan. Untuk membersihkannya, sekop sebanyak mungkin lumpur, kemudian gunakan penyemprot taman atau selang untuk membersihkan lumpur dari permukaan yang keras.
Bersihkan dan semprotkan cairan disinfeksi ke setiap permukaan yang terkena lumpur. Gosok permukaan dengan air panas, kemudian semprot dengan cairan desinfektan; larutan 1/4 cangkir pemutih klorin per galon air atau produk yang diberi label desinfektan untuk membunuh kuman.

Membersihkan peralatan dapur

Rendam gelas, porselen, alat makan plastik, dan enamel selama 10 menit dalam larutan desinfektan sebanyak 2 sendok makan pemutih klorin per galon air panas, keringkan.
Untuk membersihkan bahan perak, peralatan logam, panci dan wajan, direbus dalam air selama 10 menit. Pemutih klorin tidak boleh digunakan dalam kasus ini karena bereaksi dengan banyak logam dan menyebabkannya menjadi gelap. Lemari penyimpanan makanan perlu dibersihkan dan dibilas dengan larutan pemutih klorin sebelum menyimpan piring.

Membersihkan furnitur

  • Keluarkan kursi, permadani, tempat tidur, dan pakaian di luar untuk dikeringkan sesegera mungkin. Gunakan AC atau dehumidifier untuk menghilangkan kelembaban. Gunakan kipas angin untuk mengalirkan udara di rumah. Jika perabotan mulai berjamur, singkirkan benda-benda di luar rumah untuk mencegah jamur berkembang.
  • Vakum lantai, langit-langit dan dinding untuk menghilangkan jamur, lalu cuci dengan disinfektan.
  • Kasur yang terendam air harus dibuang. Sedangkan untuk mebel berlapis kain menyerap kontaminan dari air banjir, dan harus dibersihkan hanya oleh profesional.
  • Mebel kayu veneer biasanya tidak sebanding dengan biaya dan upaya perbaikan.
  • Mebel kayu solid biasanya dapat dipulihkan, kecuali kerusakan parah.
  • Mainan dan boneka harus dibuang jika sudah terkontaminasi oleh banjir.
  • Foto, buku, dan kertas penting dapat dibekukan dan dikeringkan dengan hati-hati dan perlahan. Cuci lumpur dan simpan artikel dalam kantong plastik dan masukkan ke dalam freezer bebas es untuk melindungi dari jamur dan kerusakan lebih lanjut sampai Anda punya waktu untuk mencairkan dan membersihkannya

Membersihkan langit-langit dan dinding

Papan dinding bertindak seperti spons saat basah. Lepaskan papan dinding, plester dan panel. Jika direndam oleh air banjir yang terkontaminasi, maka akan menjadi bahaya kesehatan permanen dan harus dihilangkan. Jika sebagian besar papan dinding direndam oleh air hujan bersih, pertimbangkan untuk memotong bagian setinggi 4 hingga 12 inci dari bagian bawah dan atas dinding. Ini menciptakan “efek cerobong” dari pergerakan udara untuk pengeringan yang lebih cepat.

Sistem kelistrikan
Sistem harus dimatikan dan diperbaiki serta diperiksa oleh seorang tukang listrik sebelum dapat dinyalakan kembali. Pengkabelan harus dikeringkan sepenuhnya bahkan di balik dinding. Sakelar, outlet kenyamanan, outlet cahaya, panel pintu masuk, dan kotak persimpangan yang telah terendam air dapat diisi dengan lumpur.

Membersihkan peralatan elektronik
Peralatan akan mendapatkan noda, bau, endapan lumpur, dan endapan berpasir dan perlu diservis, dibersihkan dan disanitasi. Jangan menyalakan perangkat elektronik sebelum dibersihkan dengan benar dapat merusaknya. Anda bisa melakukan perbaikan pada profesional untuk elektronik, TV dan radio, mesin cuci, pengering, mesin pencuci piring, dan penyedot debu. Eksterior yang keras dapat dibersihkan dengan tangan.

Membersihkan lantai
Bagaimana cara menyerap air dari lantai? Dengan sub-lantai kayu, penutup lantai (vinil, linoleum, karpet) harus dilepas sehingga sub-lantai bisa benar-benar kering. Buka jendela dan pintu untuk mengekspos sebanyak mungkin udara.

Membersihkan karpet
Pembersihan karpet setelah banjir harus diselesaikan secepatnya. Bersihkan dan keringkan karpet dan karpet secepat mungkin. Jika air banjir yang terkontaminasi limbah menutupi karpet Anda, buanglah demi alasan keamanan kesehatan. Buang juga jika karpet berada di bawah air selama 24 jam atau lebih.

Untuk membersihkan, gunakan pembersih karpet desinfektan di bagian yang kotor. Untuk mencegah jamur dan bau, bilas dengan larutan 2 sendok makan pemutih ke 1 galon air, tetapi jangan gunakan solusi ini pada karpet wol atau nilon. Keringkan karpet dan lantai dengan seksama sebelum mengganti karpet. Jika karpet tidak bisa dilepas, keringkan secepat mungkin menggunakan vakum basah / kering dan dehumidifier.

Gunakan pengaman
Pastikan Anda menggunakan sepatu bot karet, masker, dan sarung tangan saat membersihkan rumah. Penggunaan perlengkapan ini penting untuk menjaga tubuh agar tidak terkontaminasi zat-zat kimia.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here