Jeruk Mandarin, Buah yang Wajib Ada Saat Imlek

Jeruk Mandarin menjadi salah satu buah yang wajib ada saat perayaan Imlek. foto: https://pxhere.com

Indonesiainside.id, Jakarta—Perayaan imlek tak lengkap tanpa ada hidangan istimewa. Dari sederet hidangan, buah jeruk menjadi salah satu hidangan yang wajib ada. Jeruk mandarin dengan warna kuning keemasan ini menjadi ikon makanan wajib selain kue keranjang.

Jeruk dipilih selain rasanya manis, konon, karena dulunya buah jeruk menjadi hidangan istimewa petinggi Tiongkok kuno. Dulu, tidak semua orang bisa menyantap buah jeruk. Selain mahal, jeruk juga menjadi barang langka. Jadi tak heran jika dulunya jeruk jadi makanan yang istimewa saat Imlek.

Jeruk sendiri dalam bahasa Mandarin diistilahkan dengan ‘chi zhe’. ‘Chi’ artinya rejeki sedangkan ‘zhe’ memiliki arti buah. Sehingga, banyak yang mengartikan buah jeruk sebagai buah pembawa rejeki. Warnanya yang kuning keemasan juga menjadi simbol kemakmuran serta kekayaan.

Tak hanya jeruk, buah lain seperti apel juga menjadi salah satu buah yang kerap disajikan saat perayaan Imlek. Berbeda dengan jeruk Mandarin, apel dalam bahasa Mandarin diistilahkan dengan “Bing Kwek” yang juga memiliki arti keselamatan. Sehingga diharapkan kehidupan menjadi lebih aman dan tenteram.

Jadi pemilihan buah dalam perayaan Imlek tidak serta-merta datang dari ruang hampa. Buah dengan beragam makna menjadi simbol dari perayaan Imlek itu sendiri. Jadi tak heran, jika memasuki Tahun Baru China, jeruk dan apel kerap menjejali rak-rak toko buah dan supermarket. (SD)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here