Begini Persiapan Keluarga Cendana Jelang H-1 Pernikahan Danny

Indonesiainside.id, Jakarta – Rangkaian prosesi sejak kemarin telah dilalui, mulai dari pemasangan bleketepe, tuwuhan, pencatatan nikah hingga khataman Al-Qur’an. Pagi tadi, Danny melakukan rangkaian prosesi mulai dari sungkeman, siraman, potong rikmo, nanem rikmo, begalan hingga dodol dawet.

Sore ini, ibunda Danny Siti Hardijanti Rukmana atau Mbak Tutut ikut menyiapkan barang bawaan untuk acara srah-srahan dan midodareni atau mapacci malam nanti di Hotel Hermitage, Jakarta Pusat. Mapacci adalah ritual yang biasa dijalankan oleh masyarakat Bugis, Makassar, dalam rangkaian prosesi pernikahan.

Mapacci yang diambil dari kata pacci (pacar) merupakan ritual menggosokkan pacci atau daun pacar, ke tangan calon pengantin. Seperti dilakukan di beberapa daerah lain, masyarakat Makassar pun menggunakan daun pacar atau inai dalam prosesi penyucian calon pengantin.

Pantauan Indonesiainside.id, Mbak Tutut juga ikut mengemas dua roti buaya berukuran besar. Bahkan, roti khas Betawi ini hanya dapat dibawa oleh dua orang.

Rencananya, acara nanti malam akan dimulai pukul 19.15 dengan sambutan dari juru bicara calon pengantin wanita (CPW) Ilyas Mangga barani. Sementara, calon pengantin pria (CPP) menuju ruangan yang disiapkan untuk menunggu acara catur wedha, sedangkan rombongan CPP mengikuti acara lanjuttan mappaccu di Hotel Hermitage lantai dua.

Setelah acara Mapacci, CPP memohon nasihat dari mertua (CPW) dengan empat nasihat Catur Wedha. Setelah itu, orang tua CPW akan memberikan baju nikah yang akan dikenakan CPP pada akad nikah serta angsul-angsul (oleh-oleh) berupa makan untuk dibawa pulang oleh rombongan CPP.

Esok harinya, akad nikah dijadwalkan dilaksanakan pukul 10.00 WIB di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta Pusat. Sedangkan acara ngunduh mantu atau resepsi pukul 19.00 WIB hingga selesai.(EP)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here