Hari Kedua Prosesi Pernikahan Danny-Raiyah, dari Siraman hingga Sungkeman

Proses Sungkeman dan Siraman pernikahan Danny Rukmana
Proses Sungkeman dan Siraman pernikahan Danny Rukmana di kediaman Tutut Soeharto, Jalan Yusuf Adiwinata, Menteng, Jakarta Pusat, Jum'at (14/2). Foto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Prosesi pernikahan Danny Bimo Hendro Utomo (Danny Rukmana) dengan gadis asal Makassar; Raiyah Chitra Caesaria, memasuki hari kedua.

Sesuai jadwal, pagi ini rencananya akan dilaksanakan prosesi sungkeman, siraman, potong rikmo (potong rambut), nanem rikmo, (dodol dawet), dulang pungkasan dan begalan.

Pantauan Indonesiainside.id, di kediaman orang tua Danny Rukmana, Siti Hadijanti Rukmana (Tutut) Soeharto, sejak pagi telah dilakukan persiapan untuk acara sungkeman dan acara lainnya di Hotel Hermitage, Jakarta Pusat. Sekitar 30 petugas keamanan pernikahan mengenakan batik dengan corak sama yang berasal dari Jawa Tengah

Sementara, di area rumah Tutut juga nampak beberapa pagar ayu dan pagar bagus yang akan mengiringi prosesi siraman dan sungkeman. Nampak lengkungan daun janur menghiasi pintu masuk rumah Tutut Soeharto.

Beberapa buah-buahan dan tumbuhan yang disebut dengan tuwuh juga masih terpasang di area depan rumah sebelah kanan dan kiri. Termasuk bleketepe di depan garasi mobil menuju pintu utama.

Dari batas jalan depan rumah terpasang karpet merah menuju ke dalam area rumah Tutut Soeharto. Beberapa jamuan juga telah disiapkan dengan kemasan yang rapih.

Adapun akad nikah dan resepsi akan diselenggarakan Sabtu (15/2) pagi dengan tradisi Makasar (asal mempelai wanita). Sedangkan malam harinya dilaksanakan resepsi dengan asesoris budaya Jawa dan Sunda.

Sebelumnya, Raiyah menuturkan, busana yang akan dikenakan Raiyah saat akad merupakan pakaian adat yang diwarisi dari leluhurnya. Bukan pakaian adat Makassar pada umumnya.

“Aku menggunakan pakaian Bugis Makassar itu turun-menurun, jadi bukan model seperti sekarang kebanyakan. Pakaian yang kita pakai ini sudah dari atas, kemudian kita pakai lagi,” katanya.

Sedangkan untuk resepsi, kedua pasangan ini akan menggunakan pakaian adat Jawa. Raiyah enggan menyebutkan secara detail siapa desainer busana yang akan dia kenakan saat resepsi nanti.

“Desainernya dari Indonesia. Kita memadukan budaya adat Makassar dan Jawa,” tuturnya. (Aza)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here