Ibu-ibu Berebut Barang ‘Begalan’ di Prosesi Pernikahan Danny-Raiyah

begalan
Ibu-ibu berebut perabotan dalam prosesi "begalan" di pernikahan Danny - Raiyah, Jumat (14/2/2020). foto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Sejumlah tamu undangan terutama ibu-ibu berebut perabot di prosesi begalan pernikahan Danny Bimo Hendro Utomo (Danny Rukmana). Begalan merupakan kombinasi antara seni tari dan seni tutur atau seni lawak dengan iringan gending.

Sebagaimana layaknya tari klasik, gerak tarinya tak begitu terikat pada patokan tertentu yang penting gerak tarinya selaras dengan irama gending. Jumlah penari dua orang, seorang bertindak sebagai pembawa barang-barang (peralatan dapur) yang bernama Gunareka, dan seorang lagi bertindak sebagai pembegal/ perampok yang bernama Rekaguna.

“Wah begalan ini dari namanya saja sudah seram ya. Tapi begalan ini bukan yang seram lho,” kata pembawa acara berkelakar mengiringi prosesi begalan di kediaman Danny, di Jalan Yusuf Adiwinata, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (14/2).

Sembari bercanda, pembawa acara Retno Dewanti, Utari N Permadi, Liz Darmono, dan Diatri Lukito mengingatkan bahwa yang dibolehkan mengambil hanyalah ibu-ibu. Sontak, para ibu-ibu langsung berebut mengambil beberapa perabotan yang dibawakan pria tersebut.

“Wah asik nih buat nambah perabotan di dapur,” sela ibu-ibu yang asik mengambil barang yang dibawa Gunareka.

Begalan dilaksanakan sebelum rombongan Gunareka memasuki tempat resepsi, dimana ada Rekaguna yang mencegat. Dialog diatur seolah serupa pertengkaran dan sedikit adegan tantang-menantang.

Rekaguna pun menanyakan maksud rombongam Gunareka, termasuk apa saja barang bawaan mereka. Gunareka kemudian menyampaikan maksud kedatangan dan menjelaskan barang bawaan secara simbolis berisi falsafah Jawa bagi pengantin dalam berumah tangga nantinya. Singkat cerita, akhirnya Rekaguna mengizinkan rombongan Gunareka memasuki ruang resepsi. (SD)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here