Indra Rukmana dan Mbak Tutut Soeharto Lakukan Prosesi ‘Potong Rikmo’

Tamu undangan menyaksikan prosesi siraman dilanjutkan dengan prosesi potong rikmo pernikahan Danny Rukmana
Tamu undangan menyaksikan prosesi siraman dilanjutkan dengan prosesi potong rikmo pernikahan Danny Rukmana di kediaman Tutut Soeharto, Jalan Yusuf Adiwinata, Menteng, Jakarta Pusat, Jum'at (14/2). foto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta—Indra Rukmana dan Siti Hardijanto Rukmana (Mbak Tutut Soeharto) memimpin langsung prosesi potong rikmo Danny Bimo Hendro Utomo (Danny Rukmana), yang akan melangsungkan pernikahan. Potong rikmo adalah proses potong rambut dalam adat Jawa setelah dilakukan prosesi sungkeman dan siraman.

Potong rikmo ini tentu dengan harapan dapat menumbuhkan kejujuran dan bertanggungjawab dalam memimpin rumah tangga nanti,” kata pembawa acara pengiring prosesi potong rikmo, Retno Dewanti, Utari N Permadi, Liz Darmono, Diatri Lukito di kediaman Danny, di Jalan Yusuf Adiwinata, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (14/2).

Termasuk dalam usaha mencari nafkah, diharapkan dapat memberikan hasil dari usaha yang halal dan berkah untuk keluarga yang dinaunginya. Dengan demikian, diharapkan dapat tumbuh keluarga yang berkah dan mendapatkan keridhaan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Karena di rambut pula merupakan hal-hal terakhir dari yang kita makan dapat kita temukan. Karenanya, melalui proses potong rikmo (potong rambut) ini, Ananda harus berhati-hati dalam berjuang mencari nafkah,” ucapnya.

Usai ayahanda dan ibunda Danny melakukan potong rikmo, kedua calon mertua Danny juga  melakukan hal yang sama. Selanjutnya, potongan rambut dibawa dengan hati-hati untuk ditanam di depan rumah.

“Ananda Danny langsung diantarkan ayahanda Indra Rukmana untuk menanam rambut di depan rumah,” katanya.

Sebelumnya, pada prosesi sungkeman dan siraman, suasana haru dan tangis tak bisa dielakkan. Tamu yang hadir juga merasakan haru dengan menitikan air mata.

“Bapak dan mama yang Danny cintai, Danny meminta maaf atas kesalahan yang tidak sengaja dan disengaja. Danny mohon izin mencuci kaki mama dan papa sebagai bakti Danny selama ini,” ucap Danny. (SD)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here