Ini Segudang Manfaat Cokelat di Hari Valentine

Cokelat hasil olahan Kelompok Tani Bunga Mekar, kampung cokelat Senara, Lombok Utara, NTB.

Indonesiainside.id, Jakarta – Bulan Februari identik dengan perayaan hari kasih sayang atau valentine day. Biasanya, anak muda ikut memberikan barang istimewa ke pacar atau teman dekat berupa bunga dan cokelat.

Eits, ternyata eh ternyata, dengan memberi cokelat di hari valentine tak hanya menunjukkan kasih sayang lho. Selain rasanya yang manis, cokelat juga memberikan manfaat bagi kesehatan. Mau tau? Simak manfaat cokelat bagi kesehatan dikutip dari berbagau sumber.

Menyehatkan Jantung

Cokelat kaya akan nutrisi bernama flavonoid yang bersifat antioksidan. Antioksidan ini bagus bagi kesehatan jantung. Mengkonsumsi cokelat jumlah yang sedang dan tidak terlalu berlebihan bisa mengurangi resiko atrial fibrillation. Atrial fibrillation merupakan dimana kondisi detak jantung tidak teratur sehingga meningkatkan resiko stroke, gagal jantung, dan komplikasi lainnya.

Dari berbagai jenis cokelat yang ada, rekomendasi buat kalian untuk memikih cokelat hitam atau dark cokelat. Jenis cokelat tersebut merupakan paling banyak mengandung flavonoid. Nah, kalo memang mau kasih kado cokelat, pilih dark cokelat biar bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Meningkatkan Kemampuan Otak

Selanjutnya dengan memberikan cokelat, juga dapat meningkatkan kemampuan bagi otak loh. Kandungan flavonoid dalam cokelat dapat meningkatkan aliran darah kedalam otak. Peningkatan ini juga mampu mempertajam daya ingat, konsentrasi, mempercepat reaksi dan kemampuan penyelesaian masalah.

Bermanfaat Bagi Kulit

Cokelat juga dapat membantu memperbaiki masalah kulit yang terserang dari sinar UV yang berbahaya. Paparan sinar UV menjadi penyebab permasalahan kulit seperiti munculnya jerawat, flek noda hitam, dan lain sebagainya.

Namun, untuk manfaat yang satu ini baiknya jika mengkonsumsi cokelat yang rendah gula. Manfaat ini sangat cocok untuk para wanita yang ingin menjaga kesehatannya terutama pada kulit wajah.

Memperbaiki Otot

Bagi kamu yang punya pasangan penyuka olahraga, cokelat merupakan salah satu kado yang pas untuk dijadikan hadiah. Pasalnya, cokelat mampu memberikan solusi untuk memulihkan tubuh lebih cepat terkhusus bagian otot.

Riset yang dilakukan di Universitas of Texas menemukan fakta jika atlet yang minum cokelat setelah berolahraga mengalami pemulihan otot lebih cepat.

Nah, di hari valentine ini rayakan dengan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh Anda, tentunya lakukanlah hal-hal kegiatan yang positif hingga tidak merugikan diri sendiri dan orang lain. (SD)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here