Mbak Tutut Soeharto ‘Dodolan Dawet’ di Pernikahan Danny-Raiyah

Siti Hardijanti Rukmana atau Mbak Tutut Soeharto menjajakan dawet dalam prosesi dodol dawet di pernikahan Danny Hendro Utomo (Danny Rukmana) dan Raiyah Chitra Caesaria. Foto: Koni Badrianto

Indonesiainside.id, Jakarta – Siti Hardijanti Rukmana atau Mbak Tutut Soeharto menjajakan dawet dalam prosesi dodol dawet di pernikahan Danny Hendro Utomo (Danny Rukmana) dan Raiyah Chitra Caesaria.

Dodol Dawet merupakan salah satu prosesi pernikahan adat Jawa sebelum hari pernikahan. “Dawet, dawet, ayo dawetnya bapak-ibu,” tutur Mbak Tutut kepada tamu undangan di kediamannya Jalan Yusuf Adiwinata, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (14/2).

Tak henti-hentinya, dari kuali berukuran sedang, Tutut dan suami Indra Rukmana melayani antrian tamu. Satu per satu para tamu diberikan dawet atau cendol.

Kesegaran manisnya cendol dan dinginnya es batu mengiringi kehangatan prosesi pernikahan. Dodol dawet dilaksanakan di halaman rumah, mengundang keluarga dan tetangga sekitar, dengan pembayaran berupa pecahan bahan genting berbentuk bulat atau biasa disebut kreweng.

Prosesi dodol dawet, secara khusus ditujukan atau dipahami sebagai simbolisasi sebuah harapan atau doa agar pernikahan yang akan digelar keesokan hari, dikunjungi banyak tamu, seperti juga laris-manisnya dawet yang terjual.

“Alhamdulillah di tengah segarnya dodol dawet, hujan turun, Insya Allah membawa keberkahan,” kata pembawa acara, Liz Darmono.

Setelah acara dodol dawet, para tamu dipersilakan menikmati hidangan yang disediakan. Di antaranya, ada soto mie, kebab, dan aneka jajanan tradisional.

Acara selanjutnya adalah midodareni. Menurut pernikahan adat jawa, midodareni adalah sebuah prosesi menjelang acara panggih dan akad nikah.

Midodareni sendiri berasal dari kata widodari yang dalam bahasa Jawa bermakna bidadari. Mitos yang berkembang di kalangan masyarakat jawa sendiri kenapa diadakannya acara prosesi Midodareni adalah karena konon pada malam itu para bidadari dari khayangan turun ke bumi dan bertandang ke rumah calon mempelai wanita guna ikut mempercantik dan menyempurnakan calon pengantin wanita. (SD)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here