Penuh Haru, Danny Sungkem dan Cuci Kaki Kedua Orang Tuanya

Proses Sungkeman dan Siraman pernikahan Danny Rukmana
Proses Sungkeman dan Siraman pernikahan Danny Rukmana di kediaman Tutut Soeharto, Jalan Yusuf Adiwinata, Menteng, Jakarta Pusat, Jum'at (14/2). foto: Ahmad ZR/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Prosesi pernikahan Danny Bimo Hendro Utomo (Danny Rukmana) dengan gadis asal Makassar; Raiyah Chitra Caesaria diawali dengan prosesi sungkeman.

Danny keluar ruangan calon pengantin pria bersama kedua saudaranya, Muhammad Ali Reza dan Dandy Nugroho Rukmana. Dia menuju ke depan orang tuanya dan langsung duduk bersimpuh.

Suasana haru dan tangis tak bisa dielakkan. Tamu yang hadir juga merasakan haru dengan menitikan air mata.

“Bapak dan mama yang Danny cintai, Danny meminta maaf atas kesalahan yang tidak sengaja dan disengaja. Danny mohon izin mencuci kaki mama dan papa sebagai bakti Danny selama ini,” ucap Danny di kediamannya di Jalan Yusuf Adiwinata, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (14/2).

Danny juga meminta restu dan ridho dari kedua orang tuanya, dimana dia akan menikahi calon istrinya. Danny yakin bahwa keridhaan Allah berada pada keridhaan orang tua.

“Papa, mama, Danny meminta izin untuk nikah dengan Raiyah. Semoga niat suci ini menjadi pembuka keluarga yang sakinah, mawaddah wa rahmah. Dan senoga diberikan keturunan yang shalih dan shalihah,” tuturnya.

Ayah Danny, Indra Rukmana ikhlas dan ridho serta memaafkan Danny. Indra mengungkapkan bahwa kasih dan sayang mereka kepada Danny dan putra-putrinya tidak terhingga.

“Danny, mama dan papa yang cinta dan sayang kepada Danny, mama dan papa memaafkan segala kesalahan Danny. Anakku, papa dan mama yakin anak yang lahir merupakan amanah Allah yang harus dijaga dengan sebaik-baiknya,” kata Indra.

“Kasih sayang mama dan papa melebihi kasih sayang kepada diri sendiri. Karena sayangnya papa dan mama, hampir saja papa dan mama menyentuh hal-hal yang dilarang dalam agama,” lanjutnya.

Tak kuasa, Danny terlihat menitikan air mata ketika ayahanda mengucapkan demikian. Di tengah suasana haru, Indra melanjutkan ucapannya kepada Danny.

“Demi menghentikan tangismu, semoga Allah mengampuni kesalahanmu. Danny, amanah dari Allah oleh papa dan mama sudah ditunaikan. Papa dan mama merestui pernikahanmu,” ucapnya.

Kini, ungkap Indra, Danny akan memasuki pintu gerbang pernikahan. Amanah yang dia pikul bersama istri, Mbak Tutut Soeharto telah usai ditunaikan.

“Mama dan papa mendoakan, Ya Allah bukakanlah pintu rahmatMu, berikanlah ketegaran, nikmat lahir dan batin, anugerahkan bagi anak-anak kami rumah tangga yang penuh rahmatMu, menjadi penyejuk mata, dan pendingin hati,” ucapnya.

Setelah mendoakan Danny, Danny mencuci kaki kedua orang tuanya. Kini, Danny sedang disirami oleh air bunga setaman. (SD)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here