Ini Penjelasan CDC Soal Cara Penyebaran Virus Corona

Virus corona ilustrasi

Indonesiainside.id, Jakarta – Ketika jumlah kasus virus corona atau COVID-19 bertambah di seluruh dunia, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat merinci cara-cara utama penyebaran penyakit seperti SARS. Infeksi melalui orang ke orang pertama kali terjadi di AS yang dikonfirmasi pada akhir Januari 2020.

Sejak saat itu, CDC AS telah mengadakan beberapa briefing untuk menjelaskan dengan tepat mana yang tidak harus dikhawatirkan dan mana yang harus dikhawatirkan. Salah satu penelitian menurut CDC yang mengkhawatirkan yaitu penularan melalui orang ke orang.

Dilansir dari Channel News Asia, menurut CDC COVID-19 memiliki masa inkubasi sekitar 14 hari, dan salah satu tantangan yang dihadapi tenaga medis adalah, jika teruji terlalu dini dan menunjukkan hasil negatif, hasil tes tersebut dapat berubah di minggu selanjutnya.

“Berdasarkan apa yang kami ketahui, kami percaya virus ini menyebar terutama dari orang ke orang. Antara kontak dekat, melalui pernapasan yang dihasilkan ketika orang terinfeksi batuk atau bersin,” kata Nancy Messonnier, Direktur Pusat Nasional untuk Imunisasi dan Penyakit Pernapasan CDC, Sabtu (15/2).

Namun demikian, Nancy mengatakan ada dua cara lain dari penularan virus corona. “Beberapa penyebaran dapat terjadi dengan menyentuh permukaan yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh mata, hidung, dan mulut,” tambahnya.

Lalu bentuk penyebaran lain yang lebih mengkhawatirkan adalah virus corona telah menginfeksi sebelum menunjukkan gejala. Hal itu dinilai kompatibel oleh CDC dengan jenis virus pernapasan lainnya, termasuk flu musiman.

CDC menilai batuk dan bersin itu yang menjadi perhatian utama. Maka dari itu, mereka meningkatkan pengawasan sebagai respon di lima laboratorium kesehatan masyarakat di seluruh AS. Lima laboratorium tersebut berada di Los Angeles, San Francisco, Seattle, Chicago, dan New York.”Hasil dari pengawasan ini akan menjadi sinyal peringatan dini untuk memicu perubahan dalam strategi respons kami,” imbuh Nancy. (PS)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here