Konsumsi Jenis Makanan Ini Agar Cepat Hamil

Gizi sebelum hamil
Ilustrasi. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta—Bagi Anda yang ingin cepat mendapatkan momongan, ada baiknya mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi. Dokter spesialis kandungan Dr. Thomas Chayadi, So.OG, mengatakan makanan yang mengandung makronutrien dan mikronutrien seimbang ternyata mampu mempercepat terjadinya kehamilan.

Dokter spesialis kandungan dari RSPI Puri Indah dan RSIA Grand Family Pantai Indah Kapuk Jakarta ini mengatakan, mikronutrien terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak.

Karbohidrat, baik dari segi kualitas maupun kuantitas mempengaruhi sensitivitas insulin pada individu sehat. Oleh karena itu, kurangi makanan yang mengandung glikemik tinggi karena berisiko mengganggu ovulasi.

Tapi ingat konsumsi makanan berserat tinggi berlebih (serat>22 gram per hari) juga bisa mengganggu ovulasi.

Menurut dokter Thomas, konsumsi protein tidak mempengaruhi fungsi dari reproduksi. Selain itu, diperlukan juga untuk pembentukan sel sehingga diet protein yang seimbang dibutuhkan.

Meski demikian, ada juga makanan yang patut untuk dihindari, yakni mengonsumsi makanan dengan lemak jenuh berlebih karena dapat mengganggu sel telur. Jadi, jangan terlalu banyak mengonsumsi daging merah, susu berlemak tinggi, dan makanan berminyak.

Untuk mempercepat terjadinya kehamilan, Anda sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh, seperti alpukat, minyak olive, salmon, dan kacang-kacangan (almon, walnut, dan hazelnut).

Sementara mikronutrien–yang juga dibutuhkan untuk mempercepat terjadinya kehamilan–terdiri dari asam folat, vitamin D, dan zat besi.

Kadar asam folat yang rendah dihubungkan dengan pembelah sel yang kurang baik, peningkatan kadar stres oksidatif, dan kematian sel. Hal-hal tersebut dapat menggangu proses perkembangan sel telur.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here