Begini Cara Bikin Hand Sanitizer Mudah dan Murah

Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia UMI Makassar membuat hand sanitizer yang mudah dan murah. foto: antara

Indonesiainside.id, Jakarta—Wabah Covid-19 membuat orang ramai-ramai memburu masker dan hand sanitizer. Imbasnya, barang-barang tersebut ludes baik di minimarket maupun apotik.

Padahal, hand sanitizer bisa dibikin sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang bisa dibeli di toko kimia maupun di sekitar rumah. Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia UMI Makassar Zakir Sabara membeberkan cara memproduksi antiseptik atau hand sanitizer dengan biaya yang sangat murah.

“Sebenarnya membuat hand sanitizer itu mudah, semua kampus yang ada fakultas MIPA atau jurusan kimianya bisa membuatnya termasuk anak SMK semua membuatnya dengan mudah. Yang ingin kita edukasi itu bahwa membuat hand sanitizer itu gampang dan semua masyarakat bisa membuatnya,” ujarnya.

Dia mengatakan hand sanitizer yang diproduksinya itu untuk menjawab kelangkaan yang ada di pasaran atas respon penularan wabah virus Corona atau Covid-19.

Zakir menyatakan banyak bahan-bahan untuk membuat hand sanitizer sangat mudah didapatkan di toko-toko kosmetik maupun bahan kimia, bahkan disekitar rumah seperti lidah buaya.

“Banyak kok di pasaran dan tidak perlu panik karena langka di pasaran akibat ditimbun orang. Mendingan buat sendiri saja dan kita akan senang hati membantu untuk mengedukasi itu,” katanya.

Sementara itu, Kepala Laboratorium Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Industri (FTI) UMI, Rismawati Rasyid menambahkan untuk membuat hand sanitizer bahan-bahan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here