Jaga Kesehatan Tubuh dengan Konsumsi Jahe Merah, Simak Manfaatnya

Jahe
Ilustrasi Jahe. Foto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Jahe merah (Zingiber officinale) atau sering disebut jahe sunti merupakan salah satu tanaman akar yang menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan. Manfaat jahe merah ini sudah dikenal sejak zaman dulu untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Tanaman akar yang memiliki aroma khas agak pedas ini bisa dibilang tanaman obat berbentuk rumpun dan batang semu. Warna merah dan ukurannya sedikit lebih kecil menjadi pembeda ketimbang jahe biasa serta ruasnya pun cenderung rata dan sedikit menggembung.

Selain itu, jahe merah juga memiliki rasa yang lebih pahit dan pedas dari jahe biasanya karena mengandung minyak astri lebih banyak. Seperti halnya, gingerol, flavonoid, agen antibakteri, agen antiperadangan, dan lain sebagainya yang dipercaya memberi dampak positif bagi kesehatan.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat tumbuhan rempah jahe merah yang perlu Anda ketahui.

Mencegah masalah pencernaan

Kandungan minyak jahe merah dapat melindungi sistem pencernaan dari bakteri jahat sehingga mencegah dari masalah pencernaan, seperti halnya sakit perut. Agen antibakteri yang ada dalam jahe merah dapat melawan bakteri jahat, seperti Eschericia coli, Salmonella elenteriditis, dan Staphylococcus aureus. Dengan begitu, kehangatan jahe merah ini dapat menenangkan pencernaan dan juga dapat mengatasi flu.

Mengurangi nyeri otot dan sendi

Jahe merah tidak hanya bermanfaat sebagai menghangatkan tubuh saja. Pasalnya, tanaman ini juga bisa meredakan rasa nyeri pada bagian otot dan sendi akibat peradangan.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here