Terkait Kerja dari Rumah, Najwa Shihab Minta Negara Berperan Lebih Konkret

Pembawa acara TV, Najwa ShihabFoto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Presenter Najwa Shihab meminta peran negara harus lebih konkret dalam menyikapi imbauan work from home (WFH) alias kerja dari rumah (KDR). Dia menilai, imbauan yang dilontarkan pemerintah masih belum mempan kepada beberapa perusahaan yang melakukan KDR.

Melalui unggahan video di Instagramnya, Najwa mengungkapkan, kebijakan negara terkait imbauan KDR harus diikuti dengan langkah yang konkret. Menurut dia, hal tersebut sangatlah penting dilakukan agar seruan ini diikuti dan bukan hanya sekadar imbauan saja.

“Peran negara harus lebih konkret, menyiapkan instrumen, menurunkan ini menjadi insentif bagi perusahaan. Sehingga mereka bisa membebaskan karyawannya dari bekerja di kantor,” ucap Najwa dalam video yang diunggah, Selasa (17/3).

Selain itu, seluruh stakeholder pemerintah juga harus merumuskan dan memikirkan kebijakan turunan. Dengan demikian seruan ini bukan hanya sekadar imbauan saja akan tetapi juga bisa diimplementasikan di lapangan.

“Untuk teman-teman yang dipaksa beraktivitas di luar rumah apakah karena aturan atau kebutuhan, tidak usah berkecil hati. Masih ada yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir penyebaran virus ini. Usahakan untuk mengurangi kontak fisik menjaga jarak minimal 1 meter,” papar Najwa.

Menyikapi persoalan tersebut, Najwa mengaku telah mendapatkan pesan curahan dari orang-orang yang saat ini melakukan aktivitas di luar rumah. Kendati begitu, dia berpesan kepada seluruh perusahaan yang masih melakukan aktivitas di kantor agar segera mengambil keputusan untuk meminimalkan risiko bagi karyawannya.

“Di rumah saja itu artinya mengurangi kontak fisik atau interaksi dengan orang lain. Social distancing┬ábukan artinya terus kumpul-kumpul di rumah,” ungkap Najwa. (AS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here