Tips: 10 Langkah Terbaik saat Beraktivitas di Luar Rumah

ilustrasi.

Indonesiainside.id, Jakarta – Penyebaran virus corona jenis baru atau Covid-19 memaksa semua orang di dunia untuk mengurung diri di rumah. Kebijakan ini bahkan lebih ketat lagi di negara-negara yang telah menetapkan lockdown (penguncian kawasan tertentu).

Di Tanah Air, Pemerintah terus mengimbau kepada warga negara agar melakukan isolasi mandiri (self isolated) di rumah. Bekerja, belajar, dan ibadah, semuanya dari rumah.

Namun, bagaimana jika terpaksa keluar rumah untuk berbagai keperluan? Berikut 10 langkah terbaik jika ingin tetap aman di luar rumah dari ancaman penularan virus corona atau Covid-19.

1. Peta Wilayah Covid-19

Cari tahu di mana saja wilayah (kawasan) penyebaran pandemi virus corona. Misal, di mana saja terdapat pasien atau suspect kasus Covid-19?

Hindari kawasan itu karena tidak menutup kemungkinan ada riwayat kontak fisik orang di sekitarnya dengan pasien positif Covid-19.

2. Jangan Gunakan Telapak Tangan

Jangan gunakan telapak tangan setiap ingin membuka dan mendorong pintu atau tombol di tempat-tempat umum.

Sebaliknya, gunakan lutut, kaki, siku, atau buku jari (tulang sendi pada jari) sebagai gantinya. Misalnya, jangan menekan tombol lift dengan jari Anda. Setiap kali Anda harus membuka pintu, menekan tombol, menarik tuas atau menandatangani secara digital untuk sesuatu, gunakan bagian tubuh yang berbeda.

Misalnya, mengetik kode pin dengan buku jari atau membuka pintu terbuka dengan bahu, pinggul atau kaki, bukan dengan tangan.

Anda dapat menyalakan sakelar lampu atau wastafel dengan siku atau pergelangan tangan. Anda juga dapat membungkus gagang pintu yang harus Anda tarik secara fisik dengan lengan sweater atau jaket Anda.

3. Cari Opsi Otomatis

Sebagian besar bangunan modern memiliki tombol akses untuk mobilitas. Anda dapat dengan mudah menyentuhnya dengan lengan, pinggul, atau kaki Anda dan tunggu beberapa detik hingga pintu terbuka.

Direkomendasikan juga untuk membeli dispenser sabun otomatis untuk di rumah, sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk mentransfer kuman ke pompa.

4. Cermat Meletakkan Ponsel

Saat ini telah direkomendasikan untuk menggunakan tisu disinfektan untuk membersihkan ponsel. Namun, Anda juga harus berhati-hati ketika meletakkan ponsel di tempat-tempat umum.

Ada baiknya letakkan saputangan atau tissue terlebih dahulu, lalu letakkan ponsel Anda di atasnya. Ini akan menghemat waktu Anda karena harus mendisinfeksi ponsel Anda setiap saat.

5. Bawa Tas Belanja Anda Sendiri

Membawa tas belanja sendiri membuat Anda lebih bisa mengendalikan siapa yang menyentuh barang belanjaan Anda. Menggunakan tas jinjing sendiri juga berarti Anda tidak perlu mendorong troli atau membawa keranjang yang telah disentuh oleh banyak tangan

6. Memilah Barang Belanjaan 

Saat memilah-milah barang belanjaan, masukkan tangan Anda ke dalam tas belanjaan, dan gunakan bagian luar seperti sarung tangan untuk mengambil dan memeriksa barang belanjaan yang Anda inginkan. Hal ini bertujuan supaya Anda tidak menyentuh setiap barang dengan tangan kosong (kontak langsung).

7. Hindari Berjabat Tangan dan Bersentuhan

Jika kebetulan Anda bertemu anggota keluarga, teman atau tetangga, tahan keinginan untuk jabat tangan atau bahkan memeluk. Cukup gunakan bahasa isyarat yang menunjukkan keramahtamahan, seperti merapatkan kedua telapak tangan Anda di depan dada, dan sebagainya.

8. Cuci Tangan ketika Sampai di Rumah

Hal pertama yang Anda lakukan setiap kali kembali ke rumah atau di mana pun Anda berada, adalah mencuci tangan. Ini membantu Anda merasa cukup aman dan nyaman setelah beraktivitas di luar rumah.

9. Bawa Tisu Basah atau Tisu Wajah

Biasakan membawa tisu ekstra, tisu disinfektan, tisu basah dan produk kertas lainnya di tas Anda. Saat ini, barang-barang tersebut sangat berguna untuk membersihkan kuman, atau sebagai penghalang antara Anda (atau ponsel Anda) dan benda lain.

Misalnya, membuka pegangan pintu jika Anda baru saja melihat seseorang batuk di tangannya sebelum memutar gagang pintu.

10. Penggunaan Uang Tunai

Anda tidak pernah tahu jenis kuman apa yang menempel di permukaan uang tunai. Sebaiknya Anda membayar dengan kartu debit atau kredit alih-alih menggunakan uang tunai dan koin.

Khususnya bagi anak-anak, hindari memberika uang jajan demi untuk menjaga kesehatan si buah hati. (Aza/ Sumber: cnet.com)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here