Tips: 10 Langkah Terbaik saat Beraktivitas di Luar Rumah

ilustrasi.

Indonesiainside.id, Jakarta – Penyebaran virus corona jenis baru atau Covid-19 memaksa semua orang di dunia untuk mengurung diri di rumah. Kebijakan ini bahkan lebih ketat lagi di negara-negara yang telah menetapkan lockdown (penguncian kawasan tertentu).

Di Tanah Air, Pemerintah terus mengimbau kepada warga negara agar melakukan isolasi mandiri (self isolated) di rumah. Bekerja, belajar, dan ibadah, semuanya dari rumah.

Namun, bagaimana jika terpaksa keluar rumah untuk berbagai keperluan? Berikut 10 langkah terbaik jika ingin tetap aman di luar rumah dari ancaman penularan virus corona atau Covid-19.

1. Peta Wilayah Covid-19

Cari tahu di mana saja wilayah (kawasan) penyebaran pandemi virus corona. Misal, di mana saja terdapat pasien atau suspect kasus Covid-19?

Hindari kawasan itu karena tidak menutup kemungkinan ada riwayat kontak fisik orang di sekitarnya dengan pasien positif Covid-19.

2. Jangan Gunakan Telapak Tangan

Jangan gunakan telapak tangan setiap ingin membuka dan mendorong pintu atau tombol di tempat-tempat umum.

Sebaliknya, gunakan lutut, kaki, siku, atau buku jari (tulang sendi pada jari) sebagai gantinya. Misalnya, jangan menekan tombol lift dengan jari Anda. Setiap kali Anda harus membuka pintu, menekan tombol, menarik tuas atau menandatangani secara digital untuk sesuatu, gunakan bagian tubuh yang berbeda.

Misalnya, mengetik kode pin dengan buku jari atau membuka pintu terbuka dengan bahu, pinggul atau kaki, bukan dengan tangan.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here