Ini Fakta dan Mitos Virus Corona yang Mendera Dunia

Gaza -Sekelompok anak muda yang mengenakan pakaian badut dan masker medis mengunjungi anak-anak dan warga yang tinggal di rumah dalam situasi pencegahan virus corona untuk menghibur mereka di Khan Yunis, Gaza (1/4/2020). Agensi Anadolu/Ashraf Amra

Sejak virus corona baru (Covid-19) mewabah, ada banyak informasi yang beredar mengenai penyakit yang mendera ratusan negara di dunia tersebut.

Penting untuk diketahui, apa yang benar dan tidak, mengenai pandemi global itu. Mana fakta dan mana mitos. Cukup banyak spekulasi beredar mengenai virus ini, sehingga harus diluruskan agar tidak terjadi kekeliruan.

Lisa Maragakis, MD, MPH, Direktur Senior Pencegahan Infeksi di Johns Hopkins, menjelaskan apa yang benar dan tidak benar mengenai informasi corona yang beredar di tengah publik. Berikut pertanyaan dan jawabannya, dikutip dari Hopkinsmedicine.org:

Benar atau salah? Vaksin untuk menyembuhkan COVID-19 tersedia.

Jawabannya salah. Tidak ada vaksin untuk virus corona baru saat ini. Para ilmuwan sudah mulai mencari vaksinnya. Namun, pengembangan vaksin yang aman dan efektif pada manusia akan memakan waktu berbulan-bulan.

Benar atau salah? Anda dapat melindungi diri dari Covid-19 dengan menelan atau berkumur-kumur dengan pemutih, mengonsumsi asam asetat atau steroid, atau menggunakan minyak atsiri, air garam, etanol, atau zat lain.

Jawabannya salah. Tidak satu pun dari rekomendasi ini yang melindungi Anda dari mendapatkan Covid-19, dan beberapa praktik ini mungkin berbahaya. Cara terbaik untuk melindungi diri dari virus corona (dan virus lainnya) meliputi:

  • Cuci tangan Anda secara teratur dan menyeluruh, menggunakan sabun dan air panas.
  • Menghindari kontak dekat dengan orang yang sakit, bersin atau batuk.
  • Anda dapat menghindari penyebaran kuman Anda sendiri dengan batuk di lekukan siku Anda dan tinggal di rumah ketika Anda sakit.

Benar atau salah? Virus corona baru sengaja dibuat atau dirilis oleh orang atau negara tertentu.

Jawabannya salah. Virus dapat berubah seiring waktu. Kadang-kadang, wabah penyakit terjadi ketika virus yang umum pada hewan seperti babi, kelelawar atau burung mengalami perubahan dan berpindah ke manusia. Begitulah bagaimana virus corona baru muncul.

Benar atau salah? Memesan atau membeli produk yang dikirim dari luar negeri akan membuat orang sakit.

Jawabannya salah. Para peneliti sedang mempelajari tentang cara menginfeksi orang terkait virus corona baru. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga memastikan tidak benar infeksi Covid-19 berasal dari paket komersial, karena telah menempuh beberapa hari dan telah terpapar pada suhu dan kondisi yang berbeda selama transit.

Benar atau salah? Masker wajah akan melindungi Anda dari Covid-19.

Jawabannya salah. Model respirator profesional dan ketat tertentu (seperti N95) dapat melindungi petugas layanan kesehatan saat mereka merawat pasien yang terinfeksi. Untuk masyarakat umum tanpa penyakit pernapasan, memakai masker tidak dianjurkan.

Orang dengan penyakit pernapasan dapat memakai masker untuk mengurangi kesempatan mereka menularkan virus kepada orang lain. Ingat, menyetok masker membuat pasokannya langka padahal sangat dibutuhkan oleh pasien yang sakit dan petugas kesehatan yang menangani kasus ini. (Aza/Hopkinsmedicine.org)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here