Fakta Menarik Kue-Kue Lebaran

Kue Putri Salju. Foto: assajidin

Indonesiainside.id, Jakarta – Puasa Ramadhan memasuki hari terakhirnya. Besok, kita akan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah.

Salah satu yang tak boleh ketinggalan saat perayaan Idul Fitri adalah beraneka macam panganan. Salah satunya ialah berbagai kue kering, seperti nastar, putri salju, kastangel, dan lain sebagainya.

Berikut fakta menarik soal kue kering, versi Indonesiainside.id.

1. Nastar juga disajikan untuk Tahun Baru Imlek

Selain tersaji saat Lebaran, nastar juga banyak disajikan saat Tahun Baru Imlek. Lalu, kenapa kue nastar selalu disajikan ketika Tahun Baru Imlek?

Hal itu karena dalam dialek Hokkien, nanas disebut dengan ‘Ong Lai’ yang berarti ‘keberuntungan datang’. Oleh sebab itu banyak yang memberikan kue nastar sebagai hadiah saat Tahun Baru Imlek.

2. Rengginang bukan asli Betawi

Siapa yang tak kenal dengan rengginang, kue populer segala usia ini jadi camilan saat Lebaran. Bahkan di setiap rumah selalu menyediakan rengginang saat lebaran.

Sebagian orang menganggap camilan rengginang berasal dari Betawi. Namun, rengginang berasal dari Jawa Barat dan Banten. Rengginang diciptakan pertama kali karena zaman dahulu ingin membuat tapai  ketan. Namun, bahan ragi mereka kosong.

Oleh arena tak ada ragu, akhirnya beras ketan yang sudah dikukus tersebut dibentuk bulat kecil, lalu dijemur dan digoreng. Ternyata banyak orang yang menyukai rengginang. Hingga saat ini, rengginang masih eksis sebagai salah satu hidangan lebaran.

3. Kue Lidah Kucing aasuk Indonesia karena kolonialisasi Belanda
Kue lidah kucing adalah sejenis kue kering yang memiliki bentuk yang mirip seperti lidah kucing yang berasal dari Belanda. Kue ini masuk ke Indonesia dari belanda seiring dengan kolonialisasi Belanda. Dalam bahasa Belanda, kue ini dinamakan “Katte Tong”.

4. Kue Putri Salju terkenal di Jerman

Ternyata kue putri salju tidak hanya ada di Indonesia, tetapi terkenal juga di Jerman dan Austria. Di sana, putri salju disebut Vanillekipferl. 

Ada juha yang menyebut juga bahwa negara asal kue putri salju yang kita kenal adalah Austria. Bentuk kue putri salju disana juga sama seperti yang di sini, yaitu berbentuk bulan sabit kecil yang diberi rasa vanilla dan ditaburi gula halus.

(PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here