7 Manfaat Ajaib Bakteri yang Bisa Menyelamatkan Bumi dan Seisinya

Indonesiainside.id, Jakarta – Bumi dalam masalah. Ketergantungan manusia yang berlebihan pada bahan bakar fosil menyebabkan perubahan iklim yang mengganggu. Penduduk bumi membanjiri daratan dan lautan dengan polusi plastik. Dan kita menghadapi krisis kesehatan masyarakat yang meningkat, yang dipicu oleh munculnya mikroba penyebab penyakit yang tidak dapat dibunuh dengan antibiotik.

Namun, berita baiknya adalah, beberapa tahun terakhir sejumlah penelitian memberi bukti yang menjanjikan bahwa kita mungkin dapat menarik karbon dioksida (CO2) dari atmosfer, dan memperlambat laju perubahan iklim. Dengan kata lain kita memiliki potensi untuk menumbuhkan protein berkualitas tinggi tanpa jejak karbon yang besar, dan bahwa kita dapat membersihkan polusi dan menumpulkan dampak resistensi antibiotik.

Elemen umum dalam semua terobosan potensial ini adalah Bakteri. Meskipun kedengarannya mustahil, kesehatan dan kebahagiaan kita di masa depan mungkin diamankan oleh mikroba yang luar biasa ini.

Berikut tujuh manfaat bakteri dalam kehidupan sehari-hari manusia yang perlu kita ketahui:

1. Manfaat bagi Kesehatan Manusia

Bakteri bisa berakibat mengerikan bagi kesehatan manusia. Mereka memicu penyakit mematikan termasuk TBC dan kolera. Tetapi bakteri juga sebenarnya bisa bagus untuk kesehatan manusia. Faktanya, masing-masing dari kita membawa triliunan bakteri bermanfaat dan mikroba lain di kulit dan di dalam usus kita.

Tidak hanya mereka dapat membantu kita mengekstrak energi dari makanan kita, bakteri baik ini terkadang melindungi kita dari bakteri jahat yang menyebabkan penyakit. Hal itu terjadi karena bakteri buruk tidak dapat mampu berbuat apa-apa, jika bakteri baik menguasai semua ruang yang tersedia.

Di ujung lain dari spektrum, ada juga bakteri yang bisa kita gunakan dalam pengobatan justru karena kita tahu cara kerjanya. Hal ini terutama berlaku untuk Escherichia Coli, spesies yang sebagian besar tidak berbahaya yang ada di dalam tubuh manusia.

“Beberapa jenis E Coli bermanfaat bagi kesehatan, probiotik ini dapat mencari dan tumbuh di dalam tumor kanker, menjadikannya inang yang cocok untuk memberikan terapi kanker,” kata mahasiswa PhD Candice Gurbatri di Universitas Columbia di New York.

1. Menghasilkan Energi Terbarukan

Bakteri adalah ahli kimia yang luar biasa. Tidak hanya dapat memproduksi obat anti kanker yang kuat, mereka juga dapat menghasilkan biofuel yang terbarukan. Awal tahun ini, Prof Nigel Scrutton di University of Manchester dan rekan-rekannya menerbitkan studi yang menunjukkan potensi ini.

Mereka memodifikasi enzim yang disebut protein aktivasi fibroblast (FAP) yang ditemukan di banyak bakteri, sehingga memecah limbah makanan manusia melalui fermentasi dan menghasilkan gas propana. Propana biasa digunakan dalam bahan bakar transportasi dan pemanasan domestik dan memasak.

Satu pendekatan lain, melibatkan beberapa spesies bakteri tidak biasa yang memakan dan mengeluarkan elektron (partikel subatom yang bermuatan negatif), dan menghasilkan listrik. Jika kita tempelkan elektroda di tanah di lingkungan yang tepat dan koloni bakteri ‘elektroaktif’ ini akan mulai tumbuh di sekitarnya.

Prof Derek Lovley di University of Massachusetts dan rekan-rekannya menghabiskan beberapa tahun bekerja bagaimana menggunakan mikroba ini untuk pembangkit energi terbarukan.

1. Mengelola Pemurnian air

Bakteri adalah elemen pendaur ulang yang ulung. Sementara manusia secara tradisional memandang sampah sebagai produk limbah, bakteri selalu memperlakukannya sebagai makanan. Inilah sebabnya mengapa bakteri memainkan peran penting dalam instalasi pengolahan air limbah.

Matthew Silver, salah satu pendiri dan CEO di Cambrian Innovation di Massachusetts, mengembangkan pendekatan untuk membersihkan air limbah industri yang menghasilkan lebih banyak energi daripada yang dikonsumsi.

1. Sumber Makanan?

Bakteri bisa memberi makan dunia. Bakteri yang disebut ‘hydrogenotrophs’, dapat mengubah CO2 menjadi protein yang cocok untuk konsumsi manusia. Dalam arti tertentu, tumbuhan yang kita makan, atau yang kita makan untuk ternak, tumbuh karena mereka mengambil energi dari matahari dan menggunakan bakteri untuk mengubah CO2 menjadi karbohidrat.

Sebenarnya, tanaman tidak mengembangkan kemampuan ini untuk mengubah CO2 menjadi makanan. Mereka memperoleh keterampilan itu dengan memasukkan bakteri fotosintetik ke dalam sel mereka.

1. Mengatasi Perubahan iklim

Bakteri mungkin kecil, tetapi mereka bisa berdampak besar dalam pertempuran untuk membatasi perubahan iklim. Ini karena banyak spesies bakteri akan mengonsumsi CO2, gas utama dari rumah kaca.

Prof Ron Milo dan rekan-rekannya di Weizmann Institute of Science, Israel, mengubah mikroba yang tumbuh cepat seperti E Coli menjadi konsumen CO2. Tim Milo memodifikasi E Coli dengan memasukkan DNA dari bakteri fotosintetik yang mengonsumsi CO2. Kemudian mereka menempatkan E Coli di lingkungan dengan konsentrasi tinggi CO2. Setelah sekitar satu tahun, E Coli berevolusi untuk menghasilkan CO2.

E Coli memperoleh kekuatan yang dibutuhkannya untuk memakan CO2 dari format, suatu bahan kimia yang dapat dihasilkan dengan menggunakan daya terbarukan dari panel surya. Secara teori, sebuah panel surya dengan E Coli sistem, bisa 10 kali lebih efisien daripada fotosintesis dalam menghilangkan CO2 dari atmosfer.

1. Membersihkan Polusi

Bakteri akan memakan hampir semua hal yang mengandung karbon. Beberapa mikroba bahkan beradaptasi untuk mengunyah tumpahan minyak dan bentuk polusi lainnya. “Ada jumlah besar bakteri di sekitar tumpahan minyak Deepwater Horizon di Teluk Meksiko pada 2010,” kata Prof Gautam Dantas, seorang ahli mikrobiologi di Universitas Washington di St Louis, Missouri.

Kemampuan memakan minyak ini tidak luput dari perhatian. Para peneliti di seluruh dunia menganalisis komunitas bakteri di tanah dekat tumpahan minyak untuk mengidentifikasi spesies mana yang paling baik dalam menurunkan polutan. Idenya adalah bahwa campuran mikroba pemakan minyak ini dapat disuntikkan ke dalam kotoran di mana pun di dunia di mana polusi minyak merupakan masalah yang signifikan.

Jika tanah di sekitar pabrik industri terkontaminasi dengan minyak, kemungkinan sebagian mikroba di tanah itu akan mulai memakannya. Kami dapat membantu mereka mengkonsumsi makanan mereka lebih cepat dengan memberi mereka nutrisi lain yang mereka butuhkan untuk tetap sehat – sebuah pendekatan yang disebut ‘biostimulasi’.

1. Mendaur Ulang Masalah plastik

Selain minyak, bkteri juga akan memakan produk olahan yang mengandung karbon yang diproduksi dari minyak itu. Seperti plastik, misalnya. Pada tahun 2016, sebuah tim di Jepang pergi ke lokasi daur ulang dan mengumpulkan sampel plastik ‘polietilena tereftalat’ (PET), yang digunakan untuk membuat botol minuman dan poliester di pakaian kami. Mereka menemukan bahwa, pada beberapa sampel, ada bakteri pemakan plastik.

Mikroba menggunakan sepasang enzim, dijuluki ‘PETase’ dan ‘MHETase‘, untuk memecah plastik menjadi molekul yang lebih kecil seperti etilen glikol, yang dapat didaur ulang untuk membuat plastik baru. Para peneliti menamainya bakteri Ideonella sakaiensis. (NE)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here