Koreografer Legendaris Bollywood Saroj Khan Meninggal Dunia

Saroj Khan

Indonesiainside.id, New Delhi–Dunia hiburan Bollywood dikejutkan oleh berita kematian koreografer terkenal India Saroj Khan. Saroj Khan  dilaporkan tewas karena serangan jantung hari Jumat (3/7) ini.

Saroj Khan, 71, menghembuskan nafas terakhirnya di sebuah rumah sakit di kota Mumbai, lapor The Times of India. Saroj  dirawat di rumah sakit bulan lalu setelah mengeluh sesak napas, namun dikonfirmasi negatif dari wabah Covid-19.

Keponakan laki-lakinya, Manish Jagwani, mengatakan terkait berita sedih itu kepada media setempat bahwa Saroj meninggal karena serangan jantung.

Saroj berkecimpung dalam bidang tarian film memulai perjalanan karier sekitar tahun 1980 dan berhasil mengarang 2000 lagu.  Perempuan yang dijuluki ‘Masterji’ ini telah membuktikan kearifan desain tariannya yang terus diakui setelah berkolaborasi dengan bintang film terkemuka Sridevi Kappor dan Madhuri Dixit.

Di antara film-film yang menggunakan jasanya, seperti Taal, Don, Devdas, Dilwale Dulhania Le Jayenge, Baazigar, dan yang terbaru tahun lalu, Kalank.  Saroj yang menikah dengan sutradara tari, B Sohanlal menjadi penari latar dan muncul di berbagai film sekitar tahun 1950.

Saroj Khan yang memenangkan penghargaan menjuarai kejuaraan nasional sebanyak 3 kali menjadi Trending Topic dunia dan dibicarakan kembali saat ini. Ia memenangkan Penghargaan Nasional untuk koreografi Dola Re Dola dari Devdas menampilkan Madhuri dan Aishwarya Rai Bachchan, semua lagu dari film Tamil Sringaram, dan Yeh Ishq Haaye dari Kareena Kapoor’s Jab We Achieved.

Karirnya terus berkembang sebagai koreografer hingga 1974 sebelum mengarahkan tarian pertamanya di film Geeta Mera Naam. Sementara itu, kematiannya terus diratapi selebriti Bollywood seperti Akshay Kumar, Mahesh Babu dan Rakul Singh. (NE)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here