Bayi Terinfeksi Covid-19 Sejak Masih dalam Kandungan

Seorang perawat mengenakan pelindung wajah untuk bayi yang baru lahir sebagai bagian dari pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) di sebuah rumah sakit di Jakarta, Kamis (16/4/2020). Agensi Anadolu/Eko Siswono Toyudho

Indonesiainside.id, Paris–Dokter di Prancis telah mengkonfirmasi kasus pertama infeksi bayi Covid-19-positif saat dalam kandungan. Bayi laki-laki, yang lahir pada bulan Maret, ditemukan memiliki pembengkakan di otak dan gejala pada sistem saraf, yang dikaitkan dengan orang dewasa yang terinfeksi Covid-19, kutip AFP.

Namun, jurnal ‘Nature Communications’ melaporkan bahwa bayi itu pulih dari infeksi kemarin. Dokter dari Rumah Sakit Antoine Beclere, Daniele De Luca, mengatakan serangkaian penelitian yang dilakukan sebelumnya menemukan bahwa ada kemungkinan risiko penularan infeksi dari ibu ke janin.

“Kami telah membuktikan bahwa infeksi dapat terjadi dari ibu ke janin melalui plasenta selama minggu terakhir kehamilan, “ katanya. “Untuk mengetahui situasi sebenarnya, kita perlu mengambil darah ibu, cairan ketuban, darah bayi baru lahir, plasenta dan lainnya.”

Menurut De Luca, untuk mendapatkan semua sampel ini selama pandemi dengan keadaan darurat bukanlah tugas yang mudah.”Karena itu, kami hanya menyatakan pandangan bahwa pola penularan infeksi seperti ini hanya ‘dicurigai’ tetapi belum pernah terbukti,” katanya.

Merincikan kasus ini, De Luca mengatakan tim ahli mengumpulkan data tentang ibu hamil yang berusia 20-an ketika dia dirawat di rumah sakit, pada awal Maret.  Dia mengatakan sumber dan sampel virus tidak terpengaruh untuk tujuan penelitian lebih lanjut karena bayi itu lahir melalui operasi ‘caesar’.

Dalam hal ini, ia menjelaskan bahwa tim peneliti menemukan bahwa konten virus bernama SARS-CoV-2 adalah yang tertinggi di plasenta ibu. “Virus ini kemudian ditularkan ke bayi melalui tali pusar dan terus tumbuh, sehingga melihat gejala parah dicatat dalam waktu 24 jam setelah kelahiran.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here