Anak Mendiang Ajip Rosidi: Almarhum Ingin Membuat Sesuatu Tentang Rasulullah

Sastrawan dan budayawan Ajip Rosidi tetap semangat untuk menulis hingga menjelang meninggal dunia. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Magelang – Sastrawan dan budayawan Ajip Rosidi tetap semangat untuk menulis hingga menjelang meninggal dunia pada, Rabu (29/7), di RSUD Tidar Kota Magelang, Jawa Tengah.

Titis Nitiswari, anak bungsu Ajip Rosidi mengatakan, sebelum meninggal ayahnya tengah menulis roman tahun 1960-1970an. Namun, belum sampai selesai. Dia menuturkan, pada suatu pagi habis menyampaikan mempunyai ide untuk membuat roman judulnya Menjadi Indonesia. Sudah ada di kepala tinggal diketik.

“Namun, karena bapak sudah susah untuk mengetik, maka saya bantu. Ternyata baru delapan halaman karena mungkin sudah sepuh, bapak bilang ada bagian fragmen yang harus dicek kebenarannya karena pada saat itu kondisi politiknya bapak sedikit lupa dan harus dicek dulu,” kata Titis di Magelang, Kamis (30/7).

Kemudian almarhum memintanya untuk mengambilkan majalah di perpustakaan pribadi yang berada satu komplek dengan rumah tinggal di Pabelan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. “Kemudian saya bawakan majalah Warta tahun 60-70an lalu ditaruh ke tempat bapak, tiga hari sudah dibaca, selanjutnya bilang akan meneruskan tetapi keburu jatuh untuk kedua kalinya dan masuk rumah sakit,” ucapnya.

Titis menyampaikan, temannya pernah menanyakan pada almarhum tujuan terakhirnya dan dijawab ingin membuat sesuatu tentang Rasulullah SAW. “Apakah itu buku, puisi atau lainnya saya belum tahu,” katanya.

Titis menyebutkan bapaknya telah beberapa kali jatuh sebelum akhirnya setelah jatuh untuk kedua kalinya harus menjalani perawatan di RSUD Tidar Kota Magelang pada Kamis (23/7). “Waktu jatuh yang pertama itu pantat duluan tetapi waktu itu tidak bisa gerak sama sekali lalu dibawa ke tukang pijat akhirnya bisa gerak dan bapak merasa sudah bisa jalan dan memang sudah bisa jalan tapi masih dituntun,” ungkapnya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here