Penelitian Terbaru Ungkap Seekor Dinosaurus yang Hidup 76 Juta Tahun Lalu Menderita Kanker Tulang

Dok - Museum dinosaurus di Kota Zigong, Provinsi Sichuan, China. Museum tersebut diklaim sebagai museum binatang purba terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat. (ANTARA/M. Irfan Ilmie)

Indonesiainside.id, Washington – Ketika para ilmuwan pertama kali menggali fosil dinosaurus bertanduk yang disebut Centrosaurus di provinsi Alberta Kanada pada 1989, mereka mendapatkan tulang kaki yang cacat parah. Ilmuwan berpikir bahwa cacat itu merupakan patah tulang yang kemudian sembuh.

Namun, pemeriksaan baru-baru ini, menunjukkan sesuatu yang berbeda. Para peneliti mengungkapkan, pada Senin (3/8), malformasi tersebut adalah manifestasi dari osteosarkoma, kanker tulang yang agresif, membuat Centrosaurus itu, yang hidup 76 juta tahun yang lalu, contoh dinosaurus pertama yang diketahui menderita kanker ganas.

Dengan panjang sekitar 6 meter, Centrosaurus adalah dinosaurus Cretaceous Periode pemakan tumbuhan berkaki empat yang memiliki tanduk panjang di atas hidungnya, dan deretan tulang di atas lehernya, dengan dua tanduk berkait yang lebih kecil.

“Centrosaurus fibula, tulang kaki bagian bawah yang ditemukan, mengandung tumor gnarly yang lebih besar dari sebuah apel,” kata ahli paleontologi David Evans dari Royal Ontario Museum di Toronto, salah satu peneliti dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal Lancet Oncology.

“Centrosaurus khusus ini kemungkinan lemah dan dilumpuhkan oleh kanker sebelum kematiannya. Temuan luar biasa ini menunjukkan bahwa tidak peduli seberapa besar atau kuat beberapa dinosaurus, mereka dipengaruhi oleh banyak penyakit yang sama yang kita lihat pada manusia dan hewan lain saat ini, termasuk kanker. Dinosaurus tampak seperti binatang mitos, tetapi mereka hidup, bernapas, serta menderita luka dan penyakit yang mengerikan,” tambahnya.

DMCA.com Protection Status