Penelitian Terbaru Ungkap Seekor Dinosaurus yang Hidup 76 Juta Tahun Lalu Menderita Kanker Tulang

Dok - Museum dinosaurus di Kota Zigong, Provinsi Sichuan, China. Museum tersebut diklaim sebagai museum binatang purba terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat. (ANTARA/M. Irfan Ilmie)

Indonesiainside.id, Washington – Ketika para ilmuwan pertama kali menggali fosil dinosaurus bertanduk yang disebut Centrosaurus di provinsi Alberta Kanada pada 1989, mereka mendapatkan tulang kaki yang cacat parah. Ilmuwan berpikir bahwa cacat itu merupakan patah tulang yang kemudian sembuh.

Namun, pemeriksaan baru-baru ini, menunjukkan sesuatu yang berbeda. Para peneliti mengungkapkan, pada Senin (3/8), malformasi tersebut adalah manifestasi dari osteosarkoma, kanker tulang yang agresif, membuat Centrosaurus itu, yang hidup 76 juta tahun yang lalu, contoh dinosaurus pertama yang diketahui menderita kanker ganas.

Dengan panjang sekitar 6 meter, Centrosaurus adalah dinosaurus Cretaceous Periode pemakan tumbuhan berkaki empat yang memiliki tanduk panjang di atas hidungnya, dan deretan tulang di atas lehernya, dengan dua tanduk berkait yang lebih kecil.

“Centrosaurus fibula, tulang kaki bagian bawah yang ditemukan, mengandung tumor gnarly yang lebih besar dari sebuah apel,” kata ahli paleontologi David Evans dari Royal Ontario Museum di Toronto, salah satu peneliti dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal Lancet Oncology.

“Centrosaurus khusus ini kemungkinan lemah dan dilumpuhkan oleh kanker sebelum kematiannya. Temuan luar biasa ini menunjukkan bahwa tidak peduli seberapa besar atau kuat beberapa dinosaurus, mereka dipengaruhi oleh banyak penyakit yang sama yang kita lihat pada manusia dan hewan lain saat ini, termasuk kanker. Dinosaurus tampak seperti binatang mitos, tetapi mereka hidup, bernapas, serta menderita luka dan penyakit yang mengerikan,” tambahnya.

Karena sebagian besar tumor terjadi pada jaringan lunak yang tidak siap menjadi fosil, ada sedikit bukti kanker dalam catatan fosil tersebut.

“Temuan ini terkait pada biologi kanker. Ini bukan sesuatu yang baru, tetapi mungkin terjadi sejak jaman dahulu dan merupakan komplikasi yang mungkin terjadi pada semua hewan,” kata rekan penulis studi Dr Mark Crowther, seorang profesor kedokteran, patologi. dan kedokteran molekuler di McMaster University di Ontario.

“Osteosarcoma umumnya terjadi pada tulang yang tumbuh cepat dan ditemukan pada anak-anak dan orang dewasa muda. Mungkin dinosaurus juga berisiko, karena fakta bahwa mereka tumbuh pada tingkat yang sangat tinggi,” tambah Crowther.

Para peneliti mengonfirmasi bahwa itu adalah tumor, setelah menggunakan CT scan resolusi tinggi dan dengan melihat bagian tipisnya di bawah mikroskop. “Kami tidak hanya dapat menunjukkan bahwa jaringan tulang menunjukkan ciri-ciri osteosarkoma, tetapi bahwa tumor itu berputar melalui korteks tulang, mengabaikan identifikasi awal dari fraktur yang sembuh,” jelas Crowther, yang dilansir Channel News Asia.

Bagaimanapun, kanker sepertinya tidak membunuh Centrosaurus itu. Tubuhnya ditemukan dalam sebuah kerangka besar yang berisi sisa-sisa ratusan individu Centrosaurus, menunjukkan mereka mati sebagai bagian dari kawanan yang terperangkap dalam banjir. (NE)