Apakah Obat Kumur dapat Mengurangi Infeksi Covid-19?

obat kumur

Indonesiainside.id, Tokyo—Hari ini para peneliti di seluruh dunia ‘berlomba’ untuk mengembangkan vaksin yang bisa memerangi infeksi Covid-19. Sementara Jepang mengklaim bahwa obat kumur yang biasa digunakan untuk membersihkan mulut dapat membunuh virus corona.

Sebuah portal lokal Sora News 24 melaporkan bahwa masalah itu diungkapkan oleh Gubernur Osaka Hirofumi Yoshimura dalam konferensi pers hari Selasa (4/8) kemarin. Dia mengatakan sebuah penelitian yang dilakukan pada 40 pasien dengan gejala ringan atau tanpa gejala menemukan bahwa kandungan virus pandemi dalam air liur menurun setelah mereka dibilas menggunakan obat kumur yang mengandung povidone-iodine. Povidone-iodine dalah bahan antiseptik yang biasanya digunakan untuk membersihkan luka dan membunuh virus.

Yoshimura mengatakan dokter menginstruksikan sekitar 40 pasien virus corona untuk berkumur dengan obat kumur yang mengandung antiseptik, povidone iodine, empat kali sehari pada bulan Juni dan Juli. Para pasien memiliki gejala ringan atau tidak ada gejala dan dikarantina.

“Pada hari keempat, ketika uji tes PCR waktu-nyata dilakukan, hanya sembilan persen dari mereka yang dites positif untuk infeksi dibandingkan dengan 40 persen yang tidak berkumur menggunakan cairan,” katanya.

Ia mangaku tidak memastikan bahwa obat kumur pasti menyembuhkan. Hanya saja, menurutnya, dengan usaha ini ada pengurangan jumlah orang yang positif.

“Jika orang-orang berkumur dengan obat kumur jenis ini, mungkin jumlah orang yang positif virus Corona juga akan berkurang,” kata Yoshimura. “Saya tidak mengatakan itu dapat menyembuhkan pasien Corona, tetapi saya berharap itu dapat membantu mencegah penyebaran infeksi di tempat-tempat di mana kasus-kasus meningkat,” tambahnya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here