Virus Corona jadi “Nama” Menakutkan Sejumlah Kalangan, Termasuk Penderita Diabet

Ilustrasi diabetes.

Indonesiainside.id, Jakarta–Virus corona atau Covid-19 mungkin menjadi “nama” yang menakutkan bagi sejumlah kalangan. Hal ini terbukti saat tes terhadap pedagang sejumlah pasar tradisional banyak yang “absen” karena khawatir disebut sebagai penyandang.

Kondisi tersebut ditambah berita-berita yang menyebut virus ini bisa mematikan. Belum lagi beredarnya informasi yang  menyebut Covid-19 mudah menghinggapi orang yang telah berusia lanjut atau memiliki penyakit penyerta seperti diabetes, jantung, hipertensi dan sebagainya.

Covid-19 menyebar tak kasat mata mengingat media penularannya melalui sesama manusia ditambah banyak yang tidak menyadari kalau mereka telah tertular (orang tanpa gejala). Akibatnya kasus positif Covid-19 sampai dengan Rabu (5/8) telah berjumlah 116.871 orang, sedangkan yang sembuh 73.889 orang.

Virus ini tidak pandang bulu semua lapisan masyarakat ditularinya baik pejabat, pimpinan perusahaan, anggota DPR/ DPRD, kepala daerah, menteri, bahkan anggota TNI/ Polisi yang secara fisik lebih bugar juga ikut menjadi penyandang positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta, dr. Widyastuti, MKM dalam web seminar mengenai “Dampak COVID-19 Terhadap Penderita Diabetes” mengatakan penyandang diabetes tak perlu khawatir untuk mengunjungi fasilitas kesehatan baik puskesmas maupun rumah sakit. Ia menyampaikan agar warga bisa pergi ke puskesmas atau rumah sakit untuk memeriksakan kesehatannya sepanjang mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Dalam seminar yang dihadiri sejumlah penyandang diabetes di DKI Jakarta ini Widyastuti mengatakan, diabetes merupakan penyakit yang erat sekali hubungannya dengan gaya hidup. Oleh karena itu, penyandang diabetes harus memperhatikan pola makan dan gaya hidup, melakukan olahraga yang tepat, serta mengecek kadar gula darah dengan teratur selama pandemi Covid-19 ini.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here