Studi: Jaga Jarak Sosial Kurangi Infeksi Covid-19 hingga 45 Persen di Eropa

Siswa kelas enam Sekolah Dasar Landywood berbaris dengan menerapkan jaga jarak sosial usai jam istirahat di Staffordshire, Inggris, Senin (8/6). Xinhua/Jon Super

Indonesiainside.id, Kopenhagen– Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa praktik jaga jarak sosial dalam enam pekan gelombang pertama pandemi Covid-19 telah mengurangi tingkat infeksi hingga 45 persen di Eropa. Demikian menurut siaran pers dari University of Southern Denmark pada Kamis (13/8).

“Di era ponsel pintar saat ini, kita memiliki akses ke begitu banyak data sehingga kita dapat memantau pandemi dengan cara yang benar-benar baru dan lebih akurat,” kata Francesco Sannino, Profesor Fisika Teoretis di University of Southern Denmark.

Sannino mengerjakan penelitian ini bekerja sama dengan koleganya Giacomo Cacciapaglia dan Corentin Cot di Universitas Lyon di Prancis.  Menurut studi terbaru yang menggunakan data mobilitas dari Google dan Apple tersebut, penduduk Italia, Prancis, Portugal, dan Spanyol memiliki mobilitas terendah, dan tingkat infeksi turun rata-rata 30 persen selama periode enam pekan yang dipantau.

Namun, Swedia menjadi anomali. Negara Skandinavia tersebut mengalami penurunan tingkat infeksi dengan skala yang sama seperti Italia, Prancis, Portugal, dan Spanyol, meskipun pergerakan penduduknya lebih tinggi.  Para peneliti memperhitungkan perbedaan tersebut dengan mengatakan bahwa konsensus jaga jarak sosial dengan tingkat tertentu pasti telah muncul di tengah penduduk Swedia.

Studi tersebut memperingatkan bahwa meskipun kalkulasinya mungkin menunjukkan penurunan tingkat infeksi dalam periode enam pekan yang dipantau, namun hal itu tidak berarti akan ada lebih sedikit kasus Covid-19. “Penurunan ini berarti bahwa kurva kasus infeksi membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai puncaknya, (dan) itu tidak serta merta memengaruhi angka total, yang jumlahnya tidak berkaitan.” (Ant/NE)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here