Studi Kaitkan Hubungan Covid-19 dengan Diabetes Tipe 1 pada Anak-anak

Ilustrasi: Anak-anak yang bahagia secara otomatis meningkatkan hormon endorfin sekaligus kekebalan tubuhnya meningkat (pinterest)

Indonesiainside.id, London – Sebuah studi baru yang diterbitkan di Inggris menunjukkan kemungkinan adanya hubungan antara Covid-19 dan perkembangan diabetes tipe 1 pada anak-anak. Penelitian ini menunjukkan selama puncak pandemi, jumlah kasus baru diabetes tipe 1 pada anak-anak sangat tinggi.

Menurut sebuah artikel oleh Imperial College London (ICL) Selasa (18/8), penelitian yang diterbitkan di Diabetes Care dan dipimpin oleh dokter di ICL NHS Trust dan peneliti dari perguruan tinggi tersebut. Hasilnnya menunjukkan 30 anak di rumah sakit di barat laut London “disajikan dengan new- onset diabetes tipe 1 selama puncak pandemi.”

Ini adalah “dua kali lipat jumlah kasus yang biasanya terlihat pada periode ini di tahun-tahun sebelumnya, dengan kelompok kasus di dua rumah sakit ini,” katanya.

“Tampaknya anak-anak berisiko rendah terkena kasus serius Covid-19. Namun, kami perlu mempertimbangkan potensi komplikasi kesehatan setelah terpapar virus pada anak-anak, ”kata Karen Logan dari ICL NHS Trust.

“Analisis kami menunjukkan bahwa selama puncak pandemi, jumlah kasus baru diabetes tipe 1 pada anak-anak sangat tinggi di dua rumah sakit di barat laut London dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, dan ketika kami menyelidiki lebih lanjut, beberapa dari anak-anak ini mengidap virus korona aktif atau pernah terpapar virus sebelumnya, ”ujarnya.

“Kami yakin penelitian ini adalah yang pertama menunjukkan hubungan potensial antara Covid-19 dan perkembangan diabetes tipe 1 pada beberapa anak. Studi kami terbatas pada satu wilayah Inggris dan lebih banyak penelitian diperlukan untuk menetapkan apakah ada hubungan yang pasti antara keduanya, tetapi sementara itu kami berharap dokter akan memperhatikan hubungan potensial ini, ” tambahnya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here