Riset: Sirkulasi Udara yang Baik Bantu Pencegahan Covid-19

Ilustrasi virus corona atau Covid-19

Indonesiainside.id, Tokyo – Para peneliti yang menggunakan superkomputer terbaru Jepang menemukan bahwa masker tertentu dapat membantu menghalangi percikan yang mengandung virus. Akan tetapi, sirkulasi udara yang menyeluruh masih diperlukan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Sebuah tim dari institut riset RIKEN yang dipimpin oleh Profesor Tsubokura Makoto dari Universitas Kobe mempelajari efektivitas masker terhadap percikan yang dikeluarkan saat seseorang bersin, batuk, atau lainnya. Tim tersebut menggunakan superkomputer generasi berikutnya, Fugaku.

Dikatakan bahwa masker yang terbuat dari kain nontenun bisa menghalangi sekitar dua per tiga percikan, meskipun terdapat celah antara masker dan kulit. Namun, mereka mengungkapkan bahwa masker tidak dapat menghalangi percikan berukuran kurang dari 20 mikrometer.

Tim itu juga merilis sebuah video yang menyimulasikan sirkulasi udara di dalam ruangan kelas. Mereka menyalakan pendingin ruangan yang berada di sisi yang sama dengan jendela.

Ditemukan bahwa sirkulasi udara paling baik ketika jendela atau pintu yang berhadapan secara diagonal di sudut ruangan dalam kondisi terbuka.

Tim peneliti tersebut berencana melakukan simulasi percikan di transportasi umum, termasuk bus dan pesawat, serta fasilitas-fasilitas perbelanjaan.

Tsubokura mengatakan bahwa ia ingin mengajukan usulan untuk menerapkan peralatan dan cara-cara lain guna mengurangi risiko penularan.(EP/NHK)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here