Tim Pakar Satgas: Covid-19 Bukan Kutukan, Pasien Jangan Dijauhi dan Dikucilkan

Seorang petugas medis memeriksa kondisi pasien di sebuah rumah sakit di Kairo, Mesir, Selasa (14/7/2020). Xinhua/Ahmed Gomaa

Indonesiainside.id, Jakarta – Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Dr Turro Wongkare mengatakan, Covid-19 bukan kutukan, tapi sama seperti penyakit lainnya. Dia menyebutkan penderita Covid-19 sama seperti orang mengindap penyakit TBC yang menggunakan masker dan membutuhkan dukungan dari keluarga dan lingkungan.

“Covid-19 itu bukan kutukan. Covid-19 penyakit biasa yang menular sama dengan TBC, cacar, dan flu. Hanya ini mematikan kalau tidak ikuti protokol bisa terpapar,” ujar Turro dalam talkshow bertema “Pencegahan COVID-19: Beda Masyarakat, Beda Startegi?” di Media Center Satgas COVID-19 Graha BNPB Jakarta, Kamis (1/10)

Turro menegaskan kembali orang yang terpapar positif Covid-19 bukan berarti akhir dari perjalanan hidup. Namun sama halnya dengan penderita TBC yang berpotensi sembuh. Masyarakat harus tetap beraktivitas berdampingan dengan Covid-19, baik yang sudah terpapar ataupun belum.

Tentu saja dengan mengubah kebiasaan hidup secara keseluruhan dan patuh pada protokol kesehatan. Bukan hanya sekadar mencuci tangan, tapi bekerja dan beraktivitas dari rumah.

“Ini sesuatu yang biasa, mengubah hidup secara keseluruhan. Ini (Covid-19) sama dengan penyakit lainnya. Jangan dijauhi, apalagi sampai dikucilkan,” ujarnya.

Turro juga menyoroti hasil survei BPS pertengahan September 2020 lalu yang menyebut 7 persen masyarakat memberikan stigma pada penderita Covid-19. “Harus ada keseimbangan dalam menyampaikan informasi tanpa menakut-nakuti,” ujarnya.

Dr (DMB) dr Norman Zainal, SpOt mengatakan, pemakaian masker menjadi alat mencegah penularan atau tertular virus corona. Masker secara ilmiah diyakini mencegah penularan melalui droplet. Pemerintah memproduksi masker agar harganya terjangkau bagi masyarakat.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here