Dengerin, Tips Memelihara Ikan Hias bagi Pemula dari Pakar IPB

Ikan hias

Indonesiainside.id, Bogor – Dosen IPB University dari Program Studi Teknologi Produksi dan Manajemen Perikanan Budidaya Sekolah Vokasi memberikan tips sederhana dan bermanfaat bagi masyarakat yang hendak memelihara ikan hias di masa pandemi.

Mereka adalah Wida Lesmanawati, Dian Eka Ramadhani, Amalia Putri Firdausi, dan Giri Maruto Darmawangsa.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin(5/10), mereka meringkas tips sederhana menjadi lima poin pemilihan jenis ikan hias yang cocok dipelihara oleh pemula.

Pertama, pilihlah jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara dan tidak memerlukan perlakuan khusus. Ikan yang dipelihara di akuarium hias dapat berbeda jenis atau satu jenis saja, tergantung karakteristik dari ikan tersebut.

Kedua, pilihlah jenis ikan yang memiliki toleransi baik (kuat/bandel) terhadap perubahan kualitas air. Volume air di akuarium hias umumnya sedikit (sekitar 1-5 liter) sehingga kualitas airnya cenderung cepat berubah.

Ketiga, pilihlah ikan yang tidak membutuhkan tambahan oksigen (aerasi). Pemberian aerator selain menambah biaya, juga kurang cocok untuk akuarium hias sederhana yang ukurannya kecil.

Keempat, pilihlah ikan yang respon terhadap pakan pelet karena pakan pelet umumnya selalu tersedia, mudah diperoleh dan mudah disimpan dibandingkan pakan alami.

Kelima, pilihlah ikan yang harganya terjangkau dan mudah diperoleh di toko-toko ikan hias terdekat, sehingga dapat diganti ketika ikan tersebut mati yang biasanya sering dialami pada pemelihara pemula.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here