Kebiasaan Banyak Ibu Rumah Tangga Membumbui Telur Saat Memasak yang Mengubah telur menjadi ‘Racun’

Ilustrasi memasak telur

Indonesiainside.id, Jakarta – Untuk menambah kelezatan sajian telur, banyak ibu rumah tangga yang sering menambahkan kecap atau monosodium glutamat (MSG) pada saat memasak.

Faktanya, kedua bumbu ini jika dimasak bersama telur dengan api besar akan menghasilkan zat yang merusak asam amino yang berguna di dalam telur.

Disamping itu kecap juga mengandung tripsin dan jika dikombinasikan dengan putih telur akan menurunkan nilai gizi telur. Ini justru tidak baik bagi tubuh manusia karena tidak bisa menyerap nutrisi yang dibawa telur.

Jadi sebaiknya taburi saja dengan sedikit garam putih di atas telur akan memastikan rasa hidangan tersebut meningkat sekaligus menjaga nutrisi yang dibutuhkan telur.

Telur matang yang baik adalah di sebelah kanan. Foto: istimewa

Selain itu, merebus telur terlalu matang juga menjadi cara memasak yang salah. Ini berasal dari kecemasan bahwa makan telur mentah atau setengah matang tidak sehat, sehingga banyak orang merebus telur sampai matang bahkan terlalu matang.

Namun, ini adalah kesalahpahaman yang harus segera dibuang. Telur yang terlalu matang membuat kuning telur di dalamnya akan memiliki guratan abu-abu, lusuh dan sedikit berbau belerang, bagian putihnya kenyal. Telur yang terlalu lama direbus juga rentan terhadap degradasi protein sehingga mengganggu kesehatan.

Cukup masukkan telur ke dalam panci, tambahkan air secukupnya sampai menutupi telur kira-kira satu inci. Rebus telur dengan api sedang. Matikan api dan kemudian tutup pancinya.
Diamkan selama 10-15 menit.(EP)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here