Para Ilmuwan Temukan Perangkat Deteksi Cepat Covid-19 yang Mirip Alat Tes Kehamilan

Tes usap atau swab bisa jadi dianggap tak nyaman oleh sejumlah orang karena alat pengujian masuk dari hidung hingga ke tenggorokan. Foto: BBC

Indonesiainside.id, New Delhi—Kelompok ilmuwan di India mengembangkan lebih lanjut tes deteksi virus Covid-19 menggunakan metode yang sangat mirip dengan tes kehamilan, kutip BBC. Metode ini dipandang tidak hanya lebih ekonomis daripada tes lainnya, tetapi juga lebih cepat daripada menjadikannya satu-satunya tes Covid-19 yang menggunakan kertas pertama dari jenisnya di dunia.

Alat yang dinamai   tes Feluda, dihargai Rs 500 dan dapat memberikan hasil dalam 45 menit. Ilmuwan berharap alat tes  dapat memberikan hasil dalam waktu kurang dari satu jam dengan biaya hanya 500 rupee.

Penasihat Ilmiah Utama untuk Pemerintah India, Prof. K. Vijay Raghavan mengatakan alat tes itu sederhana, akurat, andal, dan terukur serta bijaksana, lapor BBC. Pusat penelitian ini berbasis di Institute of Genomics and Integrative Biology (IGIB) di Delhi.

“Feluda dikembangkan di IGIB sebagai tambahan untuk mendapatkan kontak di laboratorium swasta untuk uji coba pada sekitar 2.000 sampel dari pasien yang telah dipastikan positif Covid-19.

Dari hasil tes tersebut, mereka menemukan bahwa perangkat tersebut mampu mendeteksi infeksi dengan tingkat sensitivitas hingga 96 persen dan lebih spesifik 98 persen.

“Uji akurasinya dihitung berdasarkan dua proporsi ini, “ katanya. “Tes ini sangat efektif karena mampu mengidentifikasi hampir semua orang yang terinfeksi Covid-19,” tambahnya. (NE)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here